Memasang keramik kamar mandi

Memasang keramik kamar mandi

Keramik merupakan salah satu alas lantai yang digunakan dalam kamar mandi. Meski begitu, keramik juga sudah umum digunakan dalam dapur, kamar tidur, maupun ruang tamu. Bagi Anda yang ingin memasang keramik kamar mandi sendiri maka Anda perlu mengetahui beberapa caranya di bawah ini!

Memasang keramik kamar mandi

Memasang keramik kamar mandi

Langkah memasang keramik kamar mandi

Dengan mengetahui bagaimana cara memasang keramik pada kamar mandi sendiri, tentu Anda lebih  bisa menghemat biaya pengeluaran. Di bawah ini merupakan cara yang bisa Anda terapkan:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Pastikan Anda juga memilih keramik dengan ukuran dan motif yang sesuai dengan kamar mandi. Jika perlu, Anda juga bisa membeli keramik dengan jumlah lebih banyak dari kebutuhan sebagai antisipasi agar nantinya Anda tidak kekurangan keramik.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa alat dan bahan lainnya. Seperti semen khusus keramik, nat keramik, papan applicator, meteran, benang, pensil, dan lain sebagainya.

  1. Mulai ukur luas lantai kamar mandi

Langkah memasang keramik kamar mandi selanjutnya yakni dengan mengukur lantai ruangan kamar mandi menggunakan meteran. Anda bisa memberi tanda pada titik tengah ruangan kemudian tempelkan benang mengikuti meteran. Benang sendiri berfungsi sebagai acuan dalam memasang keramik.

  1. Coba pasang keramik tanpa semen

Untuk mendapatkan ukuran yang pas, Anda bisa mencoba menempelkan keramik dan atur letak keramik pada lantai. Kemudian rangkailah bagian tengah pertemuan benang menggunakan tile spacer sebagai pemberi jarak antar keramik. Pasalnya, Anda bisa memasang keramik dengan benar jika sudah mengetahui bagian lantai yang bisa diaplikasikan memakai keramik secara penuh.

  1. Rendam keramik

Langkah selanjutnya, Anda bisa merendam keramik pada sebuah wadah yang berisi air beberapa saat. Hal ini dilakukan agar pori-pori keramik dapat menyerap air. Dengan begitu, keramik menjadi lebih lentur yang bisa mencegahnya mudah lepas saat Anda mengaplikasikannya pada lantai.

  1. Mulai pasang keramik

Anda bisa memasang keramik pada semen lantai yang ingin Anda tempeli keramik. Adapun cara memasang keramik pada kamar mandi yang benar adalah dengan memulai aplikasi dari satu area lantai terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan semen sudah dicampur dengan air dan bebas dari adanya kerikil.

Untuk mengoleskan semen, Anda bisa menggunakan papan applicator secara tipis. Kemudian, setelah semen teroles dengan baik maka Anda bisa mulai pasang keramik kemudian beri tekanan.

Jika sebaris keramik sudah tertempel dengan baik, maka Anda bisa menggunakan papan untuk menekan bagian keramik. Memasang keramik kamar mandi ini perlu dilakukan dengan teliti agar Anda bisa mendapatkan hasil keramik lantai yang rata.

Anda bisa memasang keramik selanjutnya pada area yang tersisa. Anda juga bisa menyelipkan tile spacer sebagai pemberi jarak antar keramik. Apabila ada area yang tidak bisa terisi penuh dengan keramik, maka Anda bisa memotong keramik sehingga kepingan keramik yang lebih kecil bisa terpasang sesuai dengan area yang tersisa.

Kemudian tempelkan keramik pada semen dan lakukan penekanan seperti pada keramik sebelumnya.

  1. Oleskan nat keramik

Setelah semua keramik dapat terpasang dengan baik pada lantai, Anda bisa mendiamkan area tersebut sampai kering. Kemudian, langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengoleskan nat keramik yang sudah dicampur dengan air. Mengapa nat keramik digunakan? Nat keramik sendiri memiliki fungsi dalam mengisi sela-sela atau jarak antar keramik.

Untuk mengoleskan nat ini sendiri Anda bisa memakai applicator datar dan pastikan semua sela-sela keramik terisi dengan nat secara penuh. Selanjutnya, Anda bisa mendiamkan nat selama kurang lebih 5-15 menit agar nat dapat menempel dan mengisi sela keramik dengan baik.

Jika sudah maka Anda bisa membersihkan area lainnya menggunakan spons agar bersih. Pastikan pula dalam menggunakan spons tidak memiliki tetesan air.

Selesai sudah langkah pemasangan keramik pada kamar mandi tersebut. Cara memasang keramik di atas tentu bisa Anda praktekkan sendiri di rumah dengan mudah.

Posted in Tips & Trik and tagged , , .

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *