Cara pasang shower kamar mandi

Cara pasang shower kamar mandi mudah bisa anda lakukan sendiri

Saat ini, kamar mandi kebanyakan orang sudah didesain dengan menggunakan shower. Penggunaan gayung kini tidak lagi diminati oleh masyarakat. Bagaimana dengan kamar mandi Anda? Apakah Anda masih menggunakan kamar mandi yang memakai gayung? Jika iya, tidak ada salahnya untuk beralih ke kamar mandi shower dengan memperhatikan apa saja cara pasang shower kamar mandi.

Shower sendiri ternyata memiliki banyak keuntungan bagi Anda dibanding penggunaan alat mandi yang lainnya. Sebelum itu, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menyimak apa saja keuntungan saat menggunakan shower tersebut di bawah ini.

Cara pasang shower kamar mandi

Cara pasang shower kamar mandi

Berbagai keuntungan menggunakan shower kamar mandi

Sebagian dari Anda mungkin sudah menggunakan shower di dalam kamar mandinya. Dibalik penggunaan shower tersebut, ternyata ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan tanpa disadari. Di bawah ini beberapa keuntungan tersebut:

  1. Dapat menjadi relaksasi bagi tubuh

Air shower yang memancar menjatuhi tubuh Anda bisa bermanfaat sebagai relaksaasi bagi tubuh. Dari situ, Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghilang rasa capek setelah beraktivitas seharian. Tak hanya itu, pancuran tersebut juga dapat memberikan ion positif dapat berguna untuk menetralkan racun, melawan penyakit, sampai meredakan rasa sakit.

  1. Membantu menghemat air

Tahukah Anda bahwa penggunaan shower pada kamar mandi dapat membantu Anda untuk menghemat air? Hal ini karena saat menggunakan shower, Anda hanya perlu menghabiskan sepertiga dari air yang ada saat menggunakan bak mandi. Tentu dari situ Anda dapat menghemat penggunaan air bahkan biaya penggunaan air itu sendiri.

  1. Fleksibel untuk kamar mandi minimalis

Mungkin sebagian dari Anda hanya memiliki lahan yang sedikit, tak heran jika hanya bisa membuat kamar mandi dengan desain yang minimalis. Tapi tidak perlu khawatir, karena dengan menggunakan shower Anda tidak memerlukan ruang yang luas untuk membangun sebuah kamar mandi. Penggunaan shower sangat cocok untuk kamar mandi yang sempit sekalipun.

  1. Anda tidak perlu lelah menggayung

Gayung memang sudah menjadi peralatan yang paling umum untuk digunakan mandi. Penggunaan gayung ini sendiri memang menyebabkan Kita harus menggerakkan tangan untuk meraih air yang ada dibak mandi menggunakan gayung. Tak jarang karena hal tersebutlah tangan menjadi lelah dan pegal. Berbeda saat Anda menggunakan shower yang tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga untuk mengalirkan air.

  1. Mandi air hangat

Dengan menggunakan shower dikamar mandi Anda, Anda bisa merasakan sensasi mandi menggunakan air hangat. Anda tinggal menambahkan water heater pada instalasi shower kamar mandi dengan tambahan alat tersebut nantinya Anda bisa mengatur keluarnya air hangat pada shower.

Dari berbagai kelebihan saat menggunakan shower di atas, tentu sudah saatnya Anda mulai beralih dari gayung menuju shower. Di bawah ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin memasang shower tersebut pada kamar mandi.

Yang perlu diperhatikan dari cara pasang shower kamar mandi

Shower merupakan salah satu alat pancuran air yang dapat digunakan sebagai pengganti gayung maupun bak mandi. Ada banyak hunian modern yang saat ini lebih memilih untuk memasang kamar mandi dengan shower. Apabila Anda menginginkan hal yang sama, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat kamar mandi dengan desain shower. Nah, di bawah ini beberapa cara yang perlu Anda perhatikan dari cara memasang kran shower kamar mandi tersebut:

  1. Jika di dalam kamar mandi memiliki pemanas air, maka Anda memerlukan pipa khusus yang digunakan untuk output air panas menuju kran air. Sementara jika Anda menggunakan air dingin maka Anda bisa memakai pipa PVC.
  2. Untuk cara pasang shower kamar mandi disini, Anda bisa menyiapkan keran khusus yang dapat digunakan untuk air dingin maupun air panas. Dengan begitu, pemakaian dari keran tersebut dapat dilakukan dengan cara terpisah.
  3. Anda bisa memulainya dengan memasang 2 buah stop kran. Ada baiknya Anda memakai bahan logam pada keran air panas sementara pada air dingin, Anda bisa saja menggunakan bahan plastik.
  4. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan pipa fleksibel yang memiliki ukuran 25-30 cm. Siapkan juga pipa besi T yang memiliki ukuran 12 inchi dengan nipple di ujungnya. Siapkan juga peralatan tambahan lain seperti kunci Inggris, kunci pas, hingga seal tape.
  5. Selanjutnya, Anda bisa mulai persiapan untuk melakukan pemasangan dengan cara mematikan sumber air yang ada.
  6. Lalu pasang seal tape di ujung kran, kemudian pasang stop kran dingin dan panas di stok darat.
  7. Mulai pasang pipa T logam yang disediakan dalam stop kran.
  8. Pastikan untuk mengencangkan bagian nipple memakai kunci Inggris. Jangan sampai bagian ini kendur sehingga nantinya tidak ada air yang dapat merembes keluar.
  9. Kemudian, Anda bisa memasang selang shower serta ujung shower.
  10. Sebagai tambahan jangan lupa juga untuk menyediakan penggantung shower pada dinding kamar mandi

Sangat mudah bukan, cara pasang shower kamar mandi di atas? Anda kini bisa menikmati kemudahan mengalirkan air tanpa perlu menggunakan gayung yang cukup menghabiskan banyak tenaga saat memakainya.

Posted in Tips & Trik and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *