Cara mengatasi wc mampet karena pembalut dan tisu

Cara mengatasi wc mampet karena pembalut dan tisu

WC tersumbat bisa terjadi karena banyak sebab, namun jika Anda sampai mencari cara mengatasi WC mampet karena pembalut dan tisu berarti telah terjadi penyalagunaan WC. Masalah ini sebenarnya dapat di hindari jika WC tidak digunakan sebagai tempat untuk membuang pembalut atau benda – benda lain yang tidak semestinya di buang kedalam kloset.

Penyebab WC mampet bisa dikelompokan menjadi dua, penyebab yang disengaja, misalnya membuang benda – benda yang tidak seharusnya dibuang ke WC. Pembalut wanita ukuran apa pun, popok bayi, bungkus sampo, kondom tidak boleh dibuang ke WC. Tisu pun tidak semuanya bisa dibuang ke WC. Tisu basah yang tidak mencantumkan “flushable” pada kemasanya sebaiknya tidak dibuang ke WC. Tisu basah seperti ini biasanya berupa produk pembersih muka, pembersih alat kemaluan setelah buang air, dan pembersih dudukan toilet. Dan penyebab yang tidak disegaja seperti septic tank yang penuh pada dasarnya semua septic tank pasti akan penuh. waktu untuk penuh ini tergantung dari kapasitas septic tank dan juga bisa juga disebabkan oleh daya serap tanah pada lokasi tersebut.

Cara mengatasi wc mampet karena pembalut dan tis

Cara mengatasi wc mampet karena pembalut dan tis

Hindari membuang pembalut dan tisu yang tidak “flushable” ke dalam WC karena keduanya tidak mudah terurai atau larut dalam air. Satu-satunya cara mengatasi WC mampet karena kedua objek tersebut adalah menyingkirkannya dari saluran pembuangan.

Mengatasi wc mampet karena pembalut

Hampir semua produk pembalut wanita tidak bisa larut atau hancur dalam air. Oleh sebab itu satu – satunya cara mengatasi WC mampet karena pembalut adalah membebaskannya dari penyumbatan. Jika pembalut hanya tersangkut pada leher angsa WC. Anda masih bisa mengatasinya dengan cara menarik pembalut sampai keluar WC. Bagaimana cara mengetahui apakah masih ada pembalut yang tersangkut di leher angsa WC ? Anda bisa melakukan tes ini :

  1. Sebagian besar leher angsa WC didesain bervolume tidak lebih dari 2 liter. Tuangkan air sekitar 2 gayung ukuran sedang ke dalam mangkuk WC.
  2. Periksa ketinggian air. Jika melebihi batas normal, maka kemungkinan besar pembalut masih berada di leher angsa WC.

Setelah mengetahui keberadaan penyebab WC mampet, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Gunakan hanger plastik yang cukup panjang, agak lentur, dan memiliki pengait di ujungnya untuk merogoh ke dalam leher angsa WC. Anda perlu berhati-hati ketika melakukannya agar tidak menggores permukaan WC atau bahkan mendorong penyumbat lebih jauh ke dalam.
  2. Kait pembalut dan tarik perlahan hingga keluar.

Solusi WC mampet karena pembalut akan sedikit berbeda jika sebaliknya pembalut sudah melampaui leher angsa WC dan tersangkut di pipa saluran pembuangan menuju septic tank. Anda bisa mencoba mendorongnya sampai jatuh ke septic tank menggunakan tongkat pemompa berujung mangkuk karet. Caranya,

  1. Tuangkan air ke dalam lubang WC sampai permukaan air sedikit melebihi batas ketinggian normal. Artinya, ruang antara penyumbat dan lubang WC terisi air penuh.
  2. Telungkupkan mangkuk karet tongkat pemompa di atas lubang WC, lalu gerakkan tongkat naik-turun dengan tetap mempertahankan mangkuk karet di atas lubang WC.
  3. Tambahkan air jika mulai surut. Lakukan hingga saluran lancar kembali.

Jika cara tersebut tidak berhasil atau Anda merasa menangani kasus ini terlalu memberatkan, hubungi jasa sedot WC untuk menuntaskan masalah Anda karena untuk menangani masalah seperti ini diperlukan alat khusus untuk melancarkan kembali saluran WC dirumah Anda.

Mengatasi wc mampet karena tisu

Meskipun memiliki bentuk yang tipis, tisu juga dapat menyebabkan WC mampet, apalagi jika Anda membuang tisu dari bahan sintetis akan beresiko menyumbat WC karena tidak mudah terurai oleh air, sama halnya juga dengan tisu yang terbuat dari bahan alami, meski dapat terurai oleh air tetapi jika terlalu banyak, lama – kelamaan juga bisa menggumpal dan bisa menyebabkan sumbatan. Karena bentuknya yang tipis pula, tisu akan lebih sulit ditarik keluar. Oleh sebab itu, di mana pun lokasi tisu tersangkut, mendorongnya hingga jatuh ke septic tank merupakan langkah yang lebih mudah. Lakukan metode pemompaan seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam artikel ini.

Di atas itu semua, mencegah tetap lebih baik daripada mengatasi WC mampet karena tisu, kapas, atau pembalut. Buang tisu yang tidak “flushable”, kapas, dan pembalut ke tempat sampah, bukan ke WC.

  1. Lakukan tes untuk mengetahui di mana pembalut tersangkut
  2. Tarik pembalut keluar jika belum terperosok terlalu jauh, atau jika sebaliknya
  3. Dorong biang mampet hingga jatuh ke septic tank

Itulah cara mengatasi WC mampet karena pembalut dan tisu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan mulai saat ini Anda bisa terhindar dari yang namanya WC mampet.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *