Tips cara menjaga toilet agar bersih dan berkilau

Toilet adalah sarana sanitasi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Toilet yang tidak higienis dapat menjadi tempat berkembangnya kuman-kuman penyebab penyakit.

Dilansir dari data Riset Kesehatan Dasar 2007, sebanyak 31,4 persen kematian pada balita di Indonesia disebabkan diare. Diare disebabkan oleh berbagai bakteri diantaranya E.coli, S.aureus, P.aeruginosa, dan E.hirae.

Toilet yang kotor memungkinkan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri-bakteri penyebab diare dan penyakit lainnya, untuk itu alangkah baiknya supaya kita menjaga kebersihan toilet sehinga kita dan keluarga kita terhindar dari penyakit – penyakit yang timbul akibat kurangnya kita menjaga kebersihan toilet

Dikutip dari berbagai sumber, banyak orang yang melakukan cara tidak tepat dalam membersihkan toilet. Bagian ini tidak sama seperti bagian lainnya pada rumah yang hanya butuh sapu atau pengepel lantai saja. Ada cara-cara khusus yang benar untuk membersihkan toilet, berikut cara-cara tersebut:

  1. Semprot Desinfektan, Biarkan Semalaman

Saat memasuki waktu istirahat malam, toilet jadi lebih jarang digunakan, kecuali saat Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil dan lainnya. Waktu malam sangat tepat untuk Anda menyemprotkan desinfektan ke seluruh bagian toilet, membiarkannya semalaman untuk mengangkat beberapa kotoran atau noda yang tak cukup dibersihkan hanya dengan air saja.

  1. Gunakan Berbagai Jenis Sikat

Ada bagian-bagian tertentu pada toilet, seperti di belakang dudukan toilet yang sulit dijangkau jika hanya menggunakan satu jenis sikat, seperti sikat untuk lantai. Cobalah gunakan lebih banyak jenis sikat, termasuk sikat gigi bekas untuk pembersihan yang lebih efektif.

  1. Tuang Cuka pada Tangki Air

Cara ini terbilang tidak umum dilakukan. Namun, cuka cukup baik untuk membersihkan berbagai jenis kotoran dan bau yang tidak sedap pada toilet. Hebatnya, cuka 100 persen tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Tuangkan sebotol cuka pada tangki air yang digunakan untuk menyiram kotoran. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih bersama cuka untuk aroma yang lebih menyegarkan di toilet.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *