Manfaat sumur resapan

Manfaat sumur resapan sebagai penampung air hujan

Pasti Anda sering sekali mendengar istilah sumur resapan. Namun apa Anda sudah mengerti sumur resapan itu apa dan Manfaat sumur resapan itu untuk apa ? Sumur resapan merupakan sumur yang mirip seperti sumur galian dengan kedalaman yang lebih dangkal dari pada sumur galian. Yang digunakan untuk konservasi air sebagai tempat menampung air hujan dan memasukan air hujan kedalam tanah.

Manfaat utama dari sumur resapan adalah untuk menyerap air di permukaan tanah sehingga dapat mencegah banjir sekaligus mempertahankan dan meningkatkan volume air dalam tanah. Selain itu, Sumur Resapan juga dapat mengurangi erosi dan menahan intrusi air laut untuk daerah yang berdekatan dengan kawasan pantai.

Manfaat sumur resapan

Manfaat sumur resapan

Yang tidak kalah penting lagi khususnya di kota besar seperti Jakarta, manfaat sumur resapan air adalah mencegah penurunan tanah dan mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.

Pengunaan sumur resapan sudah sejak dulu dipergunakan pada saat kesulatanan kudus. Dalam hal ini dimasa tersebut sunan kudus sudah memiliki keperdulian terhadap konservasi air. Hal ini diperkuat dengan adanya penemuan tiga sumur resapan di komplek masjid besar kudus, tepatnya dibawah tempat sholat putri, oleh balai pelestarian peninggalan purbakala jawa tengah pada tahun 2011.

Apa syarat yang harus di penuhi ketika akan membuat sumur resapan?

Berdasarkan SNI No. 03-2453-2002, dapat diketahui bahwa persyaratan umum yang harus dipenuhi sebuah sumur resapan rumah adalah sebagai berikut.

  1. Sumur resapan harus ditempatkan pada lahan yang datar
  2. Perhatikan penempatan sumur resapan, sumur resapan di tempatkan jauh dari penimbunan sampah, jauh dari septic tank minimal 10 meter. Dan berjarak minimal 2 meter dari pondasi bangunan.
  3. Untuk kedalam sumur resapan bisa sampai tanah berpasir atau maksimal 2 m di bawah permukaan air tanah. Kedalaman muka air (water table) tanah minimum 1,5 m pada musim hujan.
  4. Perhatikan struktur tanah yang akan digunakan sebagai tempat sumur resapan, harus mempunyai permeabilitas tanah yaitu kemampuan tanah menyerap air lebih besar atau sama dengan 2,0 cm/jam yang artinya, genagan air setinggi 2 cm akan teresap habis dalam 1 jam. Ada 3 klasifikasi permeabilitas tanah sebagai berikut
  • Permeabilitas sedang, adalah 2,0-3,6 cm/jam.
  • Permeabilitas tanah agak cepat (pasir halus), adalah 3,6-36 cm/jam.
  • Permeabilitas tanah cepat (pasir kasar), adalah lebih besar dari 36 cm/jam.

Sebagaian orang mungkin belum begitu familiar dengan sumur resapan ?. Apalagi cara membuat sumur resapan dirumah. Sebenarnya kita tidak memerlukan sumur resapan dalam kondisi lingkungan yang masih hijau banyak pohon. Tetapi pada kenyataanya saat ini wilayah pemukiman minim pohon bahkan tidak ada sama sekali. Kemampuan tanah dalam menyerap air juga berkurang.

Untuk mengatasi hal itu, pembuatan sumur resapan menjadi salah satu solusi yang sangat efektif. Berikut manfaat membuat sumur resapan lainnya yang wajib diketahui.

  • Berguna menambah cadangan air tanah

Diprediksi pada tahun 2040 mendatang jawa akan kehilangan hampir seluruh sumber air bersih dilansir dari BBC. Bahkan untuk kebutuhan minum stok air yang tersedia tidak lagi mencukupi. Salah satu manfaat sumur resapan adalah menambah cadangan air dalam tanah oleh sebab itu salah satu langka yang dapat dilakukan untuk mengatasi berkurangnya stok air tanah adalah dengan membuat sumur resapan dengan jumlah yang banyak dan juga sesuai standar.

  • Mengurangi risiko banjir

Manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya sumur resapan yaitu mengurangi limpasan air hujan yang mengalir ke pembuangan. Pada musim hujan dengan intensitas yang deras dan dalam waktu yang lama maka akan banyak air yang mengalir dipermukaan tanah. Dengan begitu resiko banjir akan sangat besar.

Jika titik yang sering banjir tersebut ada sumur resapan air akan langsung masuk kedalam tanah melalui sumur resapan dengan berkurangnya aliran air di permukaan genangan dan banjir pun dapat dicegah.

  • Mencegah terjadinya intrusi air laut

Mencegah intrusi air laut, intrusi adalah perembesan air laut kedalam lapisan tanah sehingga terjadi percampuran. Pada saat terjadi hujan, air hujan yang mengalir di permukaan tanah dan bermuara ke laut dapat berakibat terjadinya intrusi air laut. Terutama pada daerah yang lokasinya dekat pesisir pantai.

Adanya pencampuran air laut dengan air tanah dapat mencemari kualitas air tanah yang tersedia. Seperti kita semua tahu air laut bukan air yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari – hari. Jika stok air tanah tercemar. Warga sekitar tidak dapat mengunakannya.

  • Dapat mencegah penurunan lahan

Manfaat sumur resapan dapat mencegah penurunan lahan, Akibat pengambilan air tanah yang berlebihan, lahan sekitar bisa mengalami penurunan atau amblas. Tinggi permukaan tanah semakin berkurang. Jika ini terjadi di daerah Jakarta pasti akan semakin berisiko. Pasalnya, tinggi permukaan tanah di ibu kota ini rata-rata turun sekitar 12 cm per tahun. Informasi ini berasal dari kajian Badan Geologi Kementerian ESDM.

Posted in Tips & Trik and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *