5 hal sebabkan saluran air mampet

5 hal sebabkan saluran air mampet

Saluran air yang mampet tidak selalu disebabkan oleh benda besar yang menyumbat di bagian saluran atau pipa PVC, benda kecil juga dapat menyebabkan saluran air mampet, di artikel kali ini yang akan kita bahas benda apa saja yang dapat membuat selokan mampet, berikut 5 hal sebabkan saluran air mampet.

  1. Rambut
5 hal sebabkan saluran air mampet

5 hal sebabkan saluran air mampet

Penyebab saluran air mampet yang pertama adalah rambut, pasti Anda sering menemukan rambut rontok di kamar mandi, satu atau dua helai mungkin wajar, tetapi jika Anda menemukan rambut rontok dalam jumlah yang banyak dan menggumpal sebaiknya segera ambil gumpalan rambut tersebut dan segera buang ke tempat sampah, jangan biarkan gumpalan rambut tersebut terbawa masuk kedalam saluran air kamar mandi karena dapat menyebabkan selokan kamar mandi Anda mampet dan selanjutnya kamar mandi bisa banjir.

  1. Sabun

Benda penyebab saluran air mampet selanjutnya adalah benda yang selalu ada didalam kamar mandi yaitu sabun batang, sabun memang suatu benda yang harus ada dikamar mandi untuk membantu kita membersihkan badan ketika mandi, tetapi sabun juga bisa menjadi penyebab saluran kamar mandi menjadi mampet, kenapa begitu ? bahan pembuat sabun batang adalah berasal dari asam lemak yang bisa mengering saat lama tidak terkena air, bisa dibayangkan jika sabun masuk kesaluran kamar mandi dan membuat saluran tersumbat.

  1. Debu

Beberapa dari Anda mungkin sering cuci kaki setelah bepergian dari luar, atau sesaat sebelum tidur. Tapi apakah Anda sadar berapa banyak debu yang menempel di kaki? Debu yang terlepas dari kaki Anda saat dicuci akan mengering di dalam saluran air, dalam waktu yang lama. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan saringan pada bagian luar pembuangan air, untuk mengurangi jumlah debu dan kotoran yang masuk kedalam saluran.

  1. Ampas kopi

Ampas kopi menjadi 1 dari 5 hal yang sebabkan saluran air mampet dirumah Anda. jika Anda sering membuang ampas kopi kedalam bak cuci piring mulai dari sekarang jangan lakukan lagi, alangkah baiknya jika Anda membuang ampas kopi ini ketempat sampah. Karena ampas kopi yang dibuang kedalam saluran cuci piring dapat mengendap dan mengeras sehingga akan menutup saluran air. tapi kalu Anda sudah terlanjur Anda bisa mengunakan air hangat untuk melancarkan kembali saluran yang tersumbat karena ampas kopi ini. Jika cara ini tidak berhasil Anda bisa memanggil jasa pelancar saluran tersumbat disekitar rumah Anda.

  1. Sisa makanan

Tepung juga dapat menjadi penyebab dari tersumbatnya saluran air. Selain itu juga Anda harus hati-hati sama bahan makanan berserat lainnya seperti mie dan kentang, keduanya dapat mengembang jika terendam air dan akan menyebabkan penyumbatan pada pipa pembuangan.

Tersumbatnya pembuangan air di rumah Anda bisa mengganggu kesehatan juga lho karena disitulah sumber virus dan bakteri berada. Saat ini Anda dapat memesan layanan perbaikan sanitasi  seperti pelancaran saluran mampet, Sedot WC, pembuatan septic tank, pemasangan closet baru, dan lainnya, kami akan sangat senang membantu Anda menyelesaikan masalah Anda!

Posted in Tips & Trik and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *