Cara membersihkan limbah restoran

Cara membersihkan limbah restoran gunakan jasa sedot wc

Limbah dapur restoran maupun limbah rumah tangga keduanya perlu mendapatkan penanganan dengan baik. Apabila tidak diperhatikan maka dapat berdampak pada pencemaran lingkungan. Pada limbah dapur restoran biasanya jumlah limbah yang dihasilkan cukup banyak serta dapat berdampak timbulnya bau tidak sedap serta pencemaran air bersih di lingkungan. Lalu bagaimana cara membersihkan limbah restoran?

Cara membersihkan limbah restoran

Cara membersihkan limbah restoran

Sarana prasarana pengolahan limbah restoran

Tercemarnya air bersih pada lingkungan disebabkan oleh bakteri mikro organisme yang tumbuh di dalam limbah cair dan terserap di dalam tanah tanpa adanya pengolahan yang sempurna. Hal ini merupakan penyebab sumber air di lingkungan menjadi berubah warna, berbau, mengandung bakteri pathogen, disentri dan kolera serta bisa berdampak pada timbulnya sumber penyakit lainnya.

Dari limbah hasil kegiatan restoran tersebut maka dibutuhkan cara membersihkan limbah restoran dengan pengolahan limbah secara teratur melalui sistem pengolahan air limbah. Beberapa hal yang wajib tersedia di dalam sebuah restoran untuk mengolah limbah antara lain :

  1. Tempat sampah

Pilihlah limbah sampah dalam dua jenis yakni sampah anorganik dan sampah organik. Buatlah tempat sampah tertutup supaya tidak didatangi hewan atau serangga. Selain itu, buatlah pipa kucuran air apabila terdapat sampah yang basah maka salurkan pipa buangan kucuran dalam lubang bak untuk pengendap lemak,ingat bahwa kucuran sampah tersebut dapat menimbulkan bau tidak sedap dalam kurun waktu antara 10-12 jam sebelum proses pembusukan.

  1. Alat penyaringan

Alat penyaringan dalam dapur maupun tempat pencucian gelas dan piring berupa filter berjaring. Alat ini berfungsi sebagai penyaring limbah organik padat dengan air kotor. Umumnya alat penyaringan ini berada di tempat cuci gelas dan piring serta ruang dapur.

Usahakan untuk membersihkan alat penyaringan secara rutin setidaknya 2 kali dalam sehari. Limbah hasil dari penyaringan tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam tempat sampah. Anda bisa mendapatkan alat penyaringan ini di pasaran yang umumnya terbuat dari bahan stainless steel.

  1. Grease trap

Jebakan lemak atau disebut dengan grease trap merupakan alat penyaringan maupun alat yang dapat memfilter antara air dengan minyak hasil dari pembuangan limbah tempat mencuci gelas dan piring.

Disarankan untuk membersihkan grease trap secara rutin 3 kali dalam sehari. Cara membersihkan limbah restoran ini bisa Anda lakukan ketika restoran sedang istirahat siang, sore dan juga malam saat kegiatan restoran sudah tutup.  Grease trap banyak tersedia di pasaran yang terbuat dari bahan stainless steel.

  1. Bak pengendap lemak

Bak pengendap lemak biasanya dibuat dari dinding bata atau beton. Bak pengendap lemak ini berfungsi sebagai pengendap limbah cair yang masih mengandung sisa minyak yang dapat lewat melalui grease trap, kemudian ditangkap kembali oleh bak pengendap lemak.

Bak pengendap lemak memiliki fungsi yang hampir sama seperti grease trap, yang berbeda yaitu bak lemak berada di luar bangunan serta dipasang sebelum bak pengolahan air dan sesudah grease tap. Bak pengendap lemak ini sebaiknya dibersihkan secara rutin seminggu sekali.

  1. Bak control

Fungsi dari bak control adalah untuk mengontrol aliran air dari bak pengendap lemak secara berkala. Aliran tersebut selanjutnya masuk pada bak pengolahan air. Pada bak control akan ditunjukkan kondisi lemak (air minyak) yang sudah terfilterasi dari bak pengendap lemak. Ukuran bak control umumnya sekitar 60×60 cm dengan kedalaman 60 cm. Bak control ini memiliki tutup yang bisa dibuka sewaktu dibutuhkan.

  1. Bak pengolah air

Bak pengolahan air merupakan bak untuk menampung air kotor yang sudah bercampur dengan sisa lemak/ minyak namun sudah melewati 2 proses penyaringan sehingga dalam bak pengolahan air ini air limbah sudah dalam kondisi terfilter. Dari bak ini air juga sudah bisa dialirkan menuju sumur peresapan.

Cara membersihkan limbah restoran

Cara membersihkan limbah restoran

  1. Sumur peresapan air

Sumur resapan air berfungsi sebagai proses pembuangan air yang sudah terfilter sebelumnya. Selanjutnya air dikembalikan ke dalam tanah dalam wujud cairan bersih yang tidak mengandung pencemaran.

Janganlah membuang air limbah pada saluran air kotor kota. Sebaiknya air disimpan dalam tanah dan meresap ke dalam tanah lingkungan sehingga kita tidak akan menambah kapasitas debit pada jaringan saluran air kotor kota.

Sumur resapan yang baik biasanya terbuat dari bata merah yang disusun tanpa diplester achi, susunan bata tersebut memutar dan dibuat layaknya lubang sumur.

Cara membersihkan limbah restoran menggunakan jasa sedot wc

Setiap perumahan atau gedung misalnya restoran pasti mempunyai saluran pembuangan air kotor baik dari kamar mandi, wastafell maupun tempat cuci piring. Saluran ini sering mengalami penyumbatan dan menyebabkkan mampet karena masuknya benda dalam kanal. Selain itu, bekas cucian gelas dan piring biasanya mengandung lemak dan menempel pada paralon yang lama kelamaan menumpuk dan menutupi ruang paralon.

Jika hal ini terjadi maka Anda harus segera mengatasinya agar air dapat mengalir lancar dan tidak tergenang. Anda bisa menggunakan jasa sedot WC sebagai cara membersihkan limbah restoran dengan mudah. Jasa sedot WC mampu membersihkan limbah restoran dengan melakukan pengurasan pada penampungan limbah.

Selanjutnya, limbah akan dialirkan ke mobil tangki khusus dan dibuang pada tempat pengolahan limbah. Dengan demikian limbah restoran Anda akan bersih dan  tidak akan mencemari lingkungan hubungi kami di nomor telepon 081331449996 – 085785902009.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *