Cara mencari letak septic tank

Cara mencari letak septic tank

Cara mencari letak septic tank menjadi salah satu penanganan yang tepat apabila anda mengalami masalah WC yang mampet. Sebab kejadian tersebut bisa saja terjadi tanpa diduga-duga. WC mampet atau tersumbat memang membutuhkan penangan segera agar tidak segera menimbulkan permasalahan lainnya.

Cara mencari letak septic tank

Cara mencari letak septic tank

Langkah – langkah mencari letak septic tank

Di kota-kota besar sering kali muncul masalah seperti WC mampet atau tersumbat, namun sangat sulit untuk menemukan letak septic tank karena biasanya pada kota-kota besar khususnya gedung-gedung seperti hotel, rumah, atau penginapan septic tank disembunyikan pada tempat-tempat yang jauh dari jangkauan.

Dalam hal ini jika terjadi kasus WC mampet atau tersumbat pastinya harus bisa menemukan letak septic tank agar dapat dengan cepat untuk diatasi. Untuk dapat menemukan letak septic tank, ada beberapa cara ampuh yang dapat anda lakukan sendiri dirumah loh.

Nah untuk anda yang penasaran bagaimana cara mencari letak septic tank? simak tips berikut ini:

  • Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menemukan saluran udara atau letak angin-angin dari septic tank anda. Cari saluran tersebut pada permukaan tembok atau tanah rumah anda. Pada umumnya saluran udara tersebut terbuat dengan menggunakan pipa PVC atau paralon yang muncul pada permukaan tanah .
    Namun, ada juga yang ditempelkan pada tembok. Apabila anda dapat menemukan letak angin-angin tersebut maka anda bisa menentukan dimanakah letak dari septic tank anda tersebut karena biasanya septic tank berada pada pangkal dari pipa tersebut.
  • Jika anda sudah menemukan letak saluran udara tersebut namun belum menemukan septic tank, anda bisa mulai menggalinya perlahan tapi usahakan untuk tidak mengenai saluran horizontal dari pipa tersebut.
  • Apabila anda sudah menemukan saluran horizontal tersebut, langkah selanjutnya lubangi pipa sedikit saja kemudian gunakan kayu atau besi untuk dimasukkan kira-kira berukuran 6 hingga 8mm hingga ujung.
    Namun bagaimana jika pipa tersebut panjang atau bahkan berbelok? Tenang, anda bisa menggunakan besi betoneser dan juga linggis. Masukan besi betoneser tersebut kemudian ikuti kemana arah pipa tersebut berbelok, dengan menggunakan besi tersebut anda bisa menemukan letak septic tank anda berada. Hal tersebut bisa ditandai dengan apabila besi sudah basah atau kotor berarti sudah mencapai kepada salam septic tank anda.
  • Khusus bagi anda yang septic tanknya berada di bawah keramik anda bisa memukulkan ujung linggis yang tumpul pada atas permukaan keramik, jika terdapat bunyi yang sedikit nyaring atau bunyi lainnya berarti didalamnya terdapat septic tank.
    Cara semacam ini merupakan cara mudah yan dapat dilakukan bagi anda khususnya yan berada di perumahan, karena biasanya terbatasnya lahan dari si pemilik rumah. Dengan demikian maka biasanya septic tank diletakkan dibawah lantai atau keramik agar dapat menghemat tempat, namun akan sangat menyulitkan apabila anda ingin melakukan penyedotan WC atau septic tank anda.
  • Hal lain yang dapat di lakukan adalah dengan membaca denah bangunan atau bertanya langsung ke pada kontraktor yang membangun rumah, gedung, hotel, penginapan yang Anda tempati dengan cara ini untuk dapat menemukan septic tank dapat dilakukan dengan singkat

Apabila Anda sudah melakukan beberapa cara di atas tetapi tidak juga mendapatkan hasilnya. Anda mungkin lebih baik menghubungi pihak jasa sedot WC untuk dapat menemukannya dengan mudah tanpa perlu repot. Mempercayakan masalah tersebut kepada yang lebih ahli memang lebih tepat, disamping tidak lagi perlu repot Anda juga bisa percayakan kepada mereka yang lebih berpengalaman dan sudah paham dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Posted in Tips & Trik and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *