Mengatasi air wc susah turun

Mengatasi air wc susah turun terbukti berhasil

WC merupakan tempat yang setiap harinya digunakan oleh industri rumah tangga. Lantas, apa jadinya jika tempat tersebut bermasalah saat digunakan. Salah satunya yakni masalah air WC yang susah turun. Perlu Anda ketahui jika WC memiliki fungsi yang sangat penting maka tentu Anda perlu segera mengatasi masalah ini sesegera mungkin. Nah, bagaimana caranya? Cara pertama yakni dengan tahu dulu penyebab masalah WC tersebut, apakah susah turunnya ini karena tersumbat ataukah penuh. Setelah itu barulah cari solusinya.

Mengatasi air wc susah turun

Mengatasi air wc susah turun

Apa saja penyebab air wc susah turun?

Tak bisa dipungkiri bahwa WC yang susah turun kerap menjadi masalah yang sangat mengganggu. Anda tentu masih kebingungan apa saja penyebab dari masalah tersebut. Sebagai informasi, di bawah ini beberapa penyebab yang bisa Anda ketahui mengapa air yang ada di dalam WC atau kloset menjadi sangat susah untuk turun:

  1. Membuang sampah pada WC

Penyebab utama air dalam WC menjadi sulit untuk turun tentu sangat membingungkan. Salah satu penyebabnya yang mungkin terjadi adalah akibat membuang sampah sembarangan kedalam WC. Sampah dapat berupa benda-benda kecil seperti bungkus sampo, bungkus sabun, maupun tisu bekas pakai.

Pembuangan sampah kecil yang dilakukan tentu menjadi penyebab yang seringkali diabaikan. Tak heran jika lama-kelamaan hal tersebut hanya akan menyebabkan jalannya air masuk ke dalam saluran WC menjadi terhambat.

  1. Posisi pipa saluran yang mendatar

Satu lagi penyebab lain yang bisa menjadikan air WC susah turun, yakni keberadaan pipa yang terlampau mendatar. Dari sini sangat penting bagi Anda untuk mengatur pembuatan pipa saluran dengan lebih tepat sehingga air yang ada pun tidak akan sulit untuk turun. Posisi pipa yang mendatar ini hanya akan menyebabkan kotoran menjadi sulit masuk ke dalam septic tank dan lambat laun jadi terhambat.

  1. Tidak tersedianya ventilasi

Tak jarang hal ini tidak disadari oleh kebanyakan orang. Kenyataannya air WC yang tidak dapat turun juga salah satunya bisa disebabkan oleh tidak adanya ventilasi udara. Terlebih apabila Anda tidak pernah mengamati seperti apa struktur pembangunan bagian WC yang tepat dan membangunnya secara sembarangan. Ya, pipa ventilasi adalah yang utama. Pipa merupakan komponen penting yang digunakan untuk memperoleh ventilasi udara dari luar.

Jika pipa yang digunakan tersumbat, maka tentu saja ventilasi udara menjadi kurang dan terganggu. Tak heran apabila air yang ada pada WC tersebut susah turun.

  1. Terdapat benda tertentu yang masuk

Saat Anda merasa ada yang mengganjal ketika sudah menggunakan WC dengan baik tanpa membuang sampah sembarangan pada WC, bisa jadi terdapat benda lain yang masuk tanpa sengaja.  Misalnya mainan anak-anak yang dimiliki oleh anak kecil maupun balita. Tanpa sepengetahuan Anda, mereka bisa saja membuang langsung benda atau mainan tertentu setelah buang air di dalam WC.

  1. WC yang memang sudah penuh

Anda tentu akan sangat terganggu apabila air di dalam WC tidak segera turun. Jika beberapa penyebab di atas memang tidak terjadi, maka kemungkinan lainnya adalah WC yang terlalu penuh. Jika WC sudah penuh, maka air akan menjadi lebih sulit untuk mengalir ke bawah.

Dengan berbagai penyebab yang sudah disebutkan di atas, Anda tentu perlu segera melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengatasi air WC susah turun tersebut. Jika dilihat, memang penyebab air susah turun pada WC sangatlah beragam maka sebagai solusinya, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa langkah di bawah ini.

Cara mengatasi air wc susah turun

WC yang airnya susah turun harus cepat diatasi. Terlebih jika Anda sudah mengetahui apa saja penyebabnya. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi permasalahan Anda:

  1. Segera ambil kotoran yang menjadi penyumbat

Apabila Anda sudah mengetahui WC tersebut tersumbat oleh benda tertentu maka segeralah lakukan pengambilan. Dalam melakukan pengambilan ini pastikan tangan Anda terlindungi dengan sarung tangan atau benda lain yang dapat diandalkan. Dengan begitu, tangan Anda tidak kotor dan bercampur feses saat melakukan pengambilan benda penyumbat tersebut.

  1. Gunakan sabun cuci piring dan air hangat

Saat WC Anda disebabkan oleh WC yang sudah penuh, langkah ini bisa Anda lakukan sebagai cara pertama untuk mengatasi air WC susah turun. Sabun cuci piring disini sangat efektif untuk digunakan sebagai pelicin saluran pipa pada daerah pembuangan tersebut. Sementara tambahan air panas sangat bermanfaat untuk melunakkan kotoran yang ada pada saluran WC.

  1. Gunakan plunger atau alat pelancar wc

Alat yang satu ini sangat efektif untuk melancarkan kembali WC yang mampet, yang membuat air pada kloset susah turun. Cara penggunaanya sangat mudah Anda tinggal memasukkan ujung plunger kedalam lubang kloset, setelah itu gerakan plunger dengan gerakan mendorong dan menarik sampai WC lancar kembali.

  1. Panggil jasa sedot WC

Langkah ini adalah langkah terakhir yang menjadi solusi terbaik saat Anda benar-benar tidak bisa mengatasi air WC susah turun. Anda bisa mempercayakan masalah ini pada jasa sedot WC yang memang sudah ahli dalam bidangnya. Dengan begitu, masalah Anda akan lebih mudah teratasi dan penyebabnya pun dapat ditemukan dengan tepat.

WC merupakan tempat yang sangat penting untuk digunakan. Untuk itu, apabila Anda mengalami masalah mengenai fungsi dari tempat tersebut segeralah lakukan beberapa hal seperti di atas untuk mengatasinya.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *