Cara kerja toilet portable

Cara kerja toilet portable

Seperti yang kita ketahui toilet merupakan suatu sarana yang dipergunakan sebagai tempat pembuangan kotoran manusia kemudian di tampung pada septic tank untuk kemudian diolah dan diuraikan. Yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai cara kerja toilet portable tidak jauh berbeda dengan toilet pada umumnya toilet portable juga memiliki sistem kerja yang sama, yang membedakan hanyalah ukuran ataupun material pembuatan toilet tersebut. Toilet portable dibuat dari bahan yang ringan dan juga memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah dipindahkan.

Toilet portable ini biasanya dapat ditemui di lokasi umum yang banyak pengunjung atau juga pada acara – acara besar di luar ruangan. toilet portable memiliki fasilitas yang hampir sama dengan toilet rumah yang biasanya kita gunakan seperti water closet, WC duduk atau jongkok, kran air, tisu, gantungan baju, bak air, dll.  Karena fungsi dari toilet ini yang digunakan untuk keperluan masyarakat umum dan di tempatkan pada tempat umum untuk memudahkan kebutuhan pengunanya.

Cara kerja toilet portable ukuran yang kecil tidak menghilangkan keharusan toilet seperti adanya septic tank sebagai tempat penampungan kotoran manusia dan pengolahannya. Toilet portable juga memiliki septic tank yang berada di bawah WC atau toilet tersebut. Namun, septic tank toilet portable ini memiliki batas maksimum yang lebih sedikit dibandingkan septic tank yang dimiliki di rumah hunian manusia, sehingga perlu sering dilakukan pengurasan.

Septic tank pada toilet ini ada 2 jenis, yaitu lubang untuk menampung sementara yang harus dikuras melakukan sedot WC dengan waktu berkala. Dan yang kedua, lubang septic tank yang tersambung dengan saluran pembuangan yang tersedia, sehingga tidak perlu proses pengurasan (sedot WC) lagi. Sama halnya dengan toilet umumnya, toilet portable ini juga memiliki ventilasi untuk keluar masuk udara pada septic tank-nya. Drain sebagai lubang untuk kuras atau sedot jika septic tank penuh. Out septic tank lubang saluran untuk mengalirkan limbah yang tertampung di dalam septic tank.

Cara kerja toilet portable

Cara kerja toilet portable

Toilet portable juga harus dijaga kebersihannya layaknya toilet yang biasanya kita gunakan di rumah. Bahkan karena toilet ini digunakan untuk masyarakat umum, toilet ini harusnya lebih mendapat perhatian lebih akan kebersihannya. Karena sarang penyakit memungkinkan menular pada orang-orang yang memakai fasilitas umum ini.

Pada zaman sekarang ini membuat banyak hal di sekitar kita bisa di dapatkan dan digunakan dengan sangat mudah, ada beberapa kebutuhan sehari – hari yang dulu tidak terpikir bisa dibuat menjadi sesuatu yang bisa di bawa, serta bisa digunakan dimana saja, salah satunya toilet sekarang ini Anda mungkin sudah sering melihat tentang tawaran jasa penyewaan toilet portable bukan ?

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, toilet portable ini memang cukup asing dan kemunculannya sendiri baru beberapa tahun kebelakang ini saja. Selain itu penggunaannya yang semakin luas baru dirasakan oleh masyarakat tertentu saja contohnya di kota – kota besar. Sebenarnya toilet portable ini pertama kali muncul pada tahun berapa ? toilet jenis ini pertama kali di ciptakan di Amerika sekitar tahun 1950-an.

Pada awal kemunculannya toilet jenis ini disebut sebagai “Kotak Kuat” dari tahun 1960-an toilet portable diakui hak ciptanya oleh tokoh pendiri PolyJohn Corporation dan muali dikenal lebih luas. Di Negara kita sendiri toilet portable pertama kali muncul untuk memenuhi kebutuhan toilet darurat seperti pada tempat pengungsian, seiring berjalannya waktu toilet jenis ini sering di gunakan oleh banyak pihak untuk memberikan fasilitas toilet pada acara umum yang dihadiri banyak orang dan memerlukan banyak toilet.

Bagian penting dalam sebuah toilet portable

Penasaran bagaimana cara kerja toilet portable ini bisa digunakan lebih maksimal seperti toilet konfensional pada umumnya ? toilet portable ini memiliki beberapa bagian penting yaitu :

  • Lubang pembuangan (Out Septic Tank)

Lubang pembuangan out septic tank sama seperti lubang pembuangan pada toilet konfensional, lubang ini berfungsi untuk menyalurkan kotoran tinja ke tempat penampungan kotoran. Pada toilet portable ini ada dua jenis lubang pembuangan meliputi lubang pembuangan yang di tutup DOP dan lubang pembuangan yang disambung dengan pipa kakus.

  • Lubang lantai

Lubang lantai pada toilet portable berfungsi mengeluarkan air yang mengenang pada lantai toilet portable.

  • Lubang vent

Lubang vent atau lubang ventilasi berfungsi sebagai media keluar dan masuknya udara pada toilet portable.

  • Lubang drain

Lubang ini berhubungan dengan jenis lubang pembuangan yang ditutup. Fungsi drain untuk menjadi lubang menguras limbah di dalam lubang pembuangan utama.

Dari mana air bersih dialirkan pada toilet portable? Sumber air bersih datang dari adanya pemasangan toren air bersih yang dipasang di atap toilet atau tepatnya pada bagian langit-langit. Air bersih bisa dimasukan menggunakan pipa.

Banyak kelebihan dari menggunakan toilet portable, salah satunya toilet jenis ini bisa dibawa ke mana-mana dan disediakan untuk melengkapi fasilitas umum. Contohnya pada acara besar luar ruangan yang membutuhkan banyak toilet, pada tempat yang jauh dari toilet umum, atau pada pengerjaan proyek pembangunan yang dari segi keberadaan toilet tidak mudah dicapai.

Untuk harga sewa toilet portable ini yaitu Rp 1.750.000/ hari harga ini biasanya sudah termasuk operator dan juga transportasi

Cara kerja toilet portable tidak hanya praktis dan efektif digunakan pada kesempatan tertentu, penggunaan toilet jenis portable juga menjadi kelengkapan fasilitas yang harusnya diberikan oleh pihak pembuat atau penyelenggara acara atau proyek di lokasi yang kurang strategis.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *