Cara melancarkan saluran got tersumbat

Cara melancarkan saluran got tersumbat

Jika tiba-tiba saluran got di rumah Anda tersumbat, pasti sangat mengganggu aktivitas harian di rumah. Dimana saluran got tersebut memiliki manfaat yang penting untuk membuang air limbah rumah tangga untuk menuju saluran pembuangan atau got. Untuk mengatasi masalah saluran got tersumbat, Anda bisa melakukan beberapa cara melancarkan saluran got tersumbat secara mudah tanpa bantuan tukang.

Biasanya masalah saluran got yang tersumbat disebabkan oleh sisa lemak makanan, pipa yang pecah, kemasukan benda padat atau sikat, endapan lumpur hingga sisa-sisa sabun dalam jangka panjang. Saluran got yang tersumbat membuat jalannya air limbah rumah tangga terhambat proses pembuangannya.

Cara melancarkan saluran got tersumbat

Cara melancarkan saluran got tersumbat

Selain itu masalah ini juga menimbulkan bau yang tidak sedap di sekitar lubang saluran got. Tak perlu khawatir, dalam artikel ini akan diberikan beberapa cara mengatasi saluran got tersumbat yang bisa Anda praktikkan sendiri.

Cara melancarkan saluran got tersumbat, alat dan bahan

Bagi Anda yang selama ini belum menemukan cara mengatasi saluran got tersumbat, sebaiknya perlu menerapkan beberapa cara di bawah ini.

  1. Pembersih berbahan kimia

Cara melancarkan saluran got tersumbat dapat dilakukan dengan memakai pembersih berbahan kimia. Dimana produk pembersih berbahan kimia tersebut memang dipercaya bisa membantu melonggarkan saluran air yang tersumbat. Dengan menggunakan pembersih berbahan kimia, produk tersebut akan bekerja menghancurkan timbunan lemak serta kotoran yang menempel pada dinding saluran got. Apabila percobaan pertama yang Anda lakukan ternyata belum berhasil, sebaiknya gunakan juga alat untuk menyodok kotoran pada saluran got.

  1. Air panas dan sabun cuci piring

Jika Anda ingin mengutamakan keselamatan keluarga maupun lingkungan, untuk mengatasi saluran got tersumbat sebaiknya pilih bahan yang lebih aman. Salah satunya campuran antara air panas dan sabun cuci piring. Cara ini ampuh untuk mengatasi penyumbatan yang disebabkan oleh minyak atau lemak. Caranya, tuangkan sedikit sabun cuci piring di saluran pembuangan air. Kemudian tuangkan juga air mendidih agar penyumbatan yang disebabkan oleh minyak dapat melebur. Lakukan cara ini minimal satu kali seminggu agar penyumbatan tidak cepat muncul kembali.

  1. Cuka dan baking soda

Baking soda merupakan zat basa dan cuka putih merupakan asam. Bila keduanya digabungkan maka akan menciptakan reaksi kimia sehingga membentuk gelembung yang ampuh atasi penyumbatan saluran got. Caranya, tuangkan secangkir bubuk soda kue pada saluran got yang tersumbat. Kemudian masukkan juga dua gelas air mendidih lalu diamkan selama beberapa menit. Tambahkan kembali satu cangkir bubuk soda kue dan satu cangkir cuka sehingga akan muncul gemuruh dan buih. Jika sumbatan sudah hilang, bilas saluran dengan memakai air mendidih sebanyak dua gelas.

  1. Bersihkan secara rutin

Penyumbatan pada saluran got sering menimbulkan masalah bau yang tidak sedap. Bau tak sedap tersebut sering ditimbulkan oleh tumpukan rambut yang menyakut di saluran dan sisa makanan yang lama kelamaan membusuk sehingga menjadi sarang bakteri. Agar penyumbatan pada saluran got tidak terulang kembali, sebaiknya bersihkan wastafel dapur maupun kamar mandi secara rutin. Anda sebaiknya ruti membersihkan kotoran yang bisa menghambat saluran pembuangan air. Hindari kebiasaan membuang sisa makanan ataupun sampah ke lubang wastafel tanpa penyaring.

Beberapa cara melancarkan saluran got tersumbat seperti di atas dapat Anda praktikkan secara mudah di rumah. Apalagi peralatan dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah diperoleh. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya lakukan cara-cara tersebut secara rutin setiap minggunya sekaligus sebagai upaya pencegahan.

Tapi jika cara diatas tidak berhasil untuk mengatasi saluran got yang tersumbat, maka jalan terbaik yakni dengan menghubungi jasa sedot WC. Nah, untuk hasil terbaik, pastikan Anda memilih jasa sedot WC terbaik dan terpercaya.

Posted in Tips & Trik and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *