Jenis tandon air

Jenis tandon air dan harga tandon air

Pada setiap rumah pasti membutuhkan tandon air untuk menyimpan air untuk kebutuhan sehari – hari untuk mandi, mencuci, menyiram tanaman dan lainnya. Inilah jenis tandon air dan harga tandon air beserta panduan dalam memilih tandon air terbaik untuk rumah Anda.

Tandon air adalah salah satu benda yang akan selalu ada pada setiap rumah. Sebuah rumah yang baik tentu membutuhkan banyak hal yang saling berkesinambungan agar seluruh anggota keluarga yang ada didalamnya bisa nyaman dan tenang. Ketika Anda memiliki sebuah rumah adalah hal yang sangat menyenangkan karena Anda bisa menyesuaikan sendiri sepesifikasi barang – barang apa saja yang harus ada pada rumah Anda.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap bagian yang ada pada rumah Anda semua mempunyai fungsinya masing-masing dan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Salah satu benda yang diperlukan dan sangat penting bagi rumah Anda adalah tandon air. Agar Anda bisa lebih paham mengenai tandon air maka pada artikel kali ini akan kita bahas.

Pentingnya punya tandon air di rumah

Air sangatlah berharga dan Anda perlu belajar berhemat agar sumber air yang ada tidak cepat mengering. Inilah beberapa manfaat tandon air untuk tempat penyimpanan air di rumah Anda:

  • Tandon air mempunyai peran penting bagi Anda untuk menghemat pemakaian air di rumah. Anda akan menggunakan air seperlunya dan tidak akan membiarkan pompa air terus bekerja untuk mengalirkan air ke dalam rumah Anda.
  • Karena tugas dari pompa air hanya untuk mengalirkan air dari tanah ke dalam tandon maka otomatis akan mengurangi pemakaian listrik di rumah Anda. Pompa air hanya akan bekerja ketika air di dalam tandon tersebut sudah berada pada batas rendah dan pompa akan mengisinya dengan air dari dalam tanah.
  • Manfaat lainnya adalah Anda akan bisa mempunyai cadangan air darurat ketika sedang terjadi mati listrik ataupun kondisi darurat lainnya. Tandon air yang berukuran besar sangatlah bermanfaat untuk menyimpan air dalam jumlah yang lebih banyak lagi.
  • Air yang berada di dalam tandon air juga tidak akan mudah untuk terkontaminasi oleh benda-benda asing yang ada di sekitar Anda dan menjadikan airnya menjadi aman untuk digunakan oleh Anda.

Dalam memenuhi kebutuhan pasokan air sehari-hari di rumah, gunakanlah tandon air sebagai tempat penyimpanannya. Jika rumah Anda terbatas, tandon air bisa diletakkan di bagian atas sisi rumah.

Mungkin banyak yang mengira bahwa tandon air hanya terdiri dari satu jenis saja yaitu yang berada pada bagian atas rumah. Dalam kenyataannya, ternyata ada banyak jenis tandon air berbeda yang mempunyai fungsinya masing-masing. Tandon Air Fiber Glass, Stainless Steel, atau Polyethylene. Anda pilih yang mana?

Agar Anda mengetahui tandon air mana yang sebaiknya Anda pilih, berikut jenis tandon air beserta keterangan lengkap dengan kelebihan dan kekurangan dari tiap material.

  1. Tandon air fiber glass
Jenis tandon air

Jenis tandon air

Tandon air fiber glass terbuat dari bahan FRP menjadikan tandon ini bentuknya lebih keras dibandingkan dengan tandon jenis lain. Tandon air fiber glass dijual dengan harga cukup murah, dan tandon air ini juga memiliki bobot yang ringan. Tetapi Anda akan mendapatkan banyak kekurangan dari tandon jenis ini diantaranya :

  • Usia tandon ini tidak tahan lama
  • Biaya untuk perawatan mahal dan sulit
  • Jika terjadi benturan dinding tangki mudah retak
  • Tidak tahan terhadap UV dan oksidasi bila terjemur sinar matahari
  • Mudah ditumbuhi jamur yang akan mengurangi kualitas air di dalamnya
  • Bagian dinding yang keropos sulit diperbaiki
  1. Tandon air polyethylene
Jenis tandon air

Jenis tandon air

Jenis tandon air polyethylene merupakan jenis tandon yang paling umum di gunakan masyarakat. Dikarenakan tandon air ini paling banyak diproduksi dan diedarkan di pasaran. Berikut kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan tandon polyethylene :

  • Tandon air ini lebih tahan benturan dan tekanan
  • Tidak mudah bocor
  • Bagian dalam tandon sudah dilapisi lapisan anti jamur dan lumut
  • Sudah mempunyai standarisasi SNI dan mendapat pengakuan dari FDA USA
  • Berbahan plastik dan memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk di pindahkan

Kekurangannya:

  • Terkesan kurang mewah atau eksklusif dibanding stainless steel
  • Biasanya tembus cahaya, sehingga pertumbuhan lumut masih bisa berkembang pada tandon jenis ini
  1. Tandon air stainless steel

Tandon air jenis ini dibuat menggunakan bahan baku stainless stell 304. Tandon air ini memiliki bentuk yang lebih mewah dibanding dengan jenis tandon lainnya. Namun harga tandon air ini lebih mahal dibandingkan tandon air lainnya.

Kelebihan tandon air stainless steel :

  • Tidak tembus sinar matahari sehingga lumut tidak akan tumbuh
  • Bentuknya mewah, elegan, dan terlihat eksklusif
  • Tidak mudah berubah bentuk walaupun ada tekanan air di dalam tangki
  • Mendapat pengakuan dari FDA (Food, Drug & Administration)

Tetapi tetap saja terdapat kekurangan pada tandon stainless steel ini, di antaranya:

  • Mudah korosi atau karatan pada bagian las atau sambungan. Terutama bagi pengguna yang tinggal di daerah pantai
  • Hanya untuk penyimpanan air bersih atau PAM, apabila diisi dengan air tanah akan mengandung asam yang bisa menyebabkan karatan
  • Biaya perbaikan sangat mahal
  • Kebocoran di dinding sulit diperbaiki atau ditambal
Cara memilih tandon air yang tepat sesuai kebutuhan

Jika Anda sudah mengetahui apa saja jenis tandon air maka Anda harus paham juga cara memilih tandon yang tepat untuk rumah Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk memilih tandon air yang tepat :

  • Tentukan terlebih dahulu ukuran dari tandon air yang Anda butuhkan. Semakin besar ukuran dari tandon air maka otomatis biaya yang harus Anda keluarkan menjadi lebih besar lagi.
  • Pilihlah bahan tandon air dan sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki. Untuk di rumah dan pemakaian sehari-hari, umumnya tandon yang terbuat dari fiberglass adalah bahan yang paling sering digunakan.
  • Tandon air yang dipasang lebih tinggi dari rumah biasanya sudah tidak membutuhkan pompa dorong untuk mengalirkan airnya. Namun, jika aliran air dari tandon dirasa kurang maka Anda membutuhkan sebuah pompa dorong untuk mengirimnya pada keran air di rumah Anda dengan lancar.
Harga tandon air terbaru

Setiap tandon air dijual dengan harga yang berbeda-beda. Anda harus mengetahui harga dari tandon air sebelum memutuskan untuk membelinya dan memasangkan tandon tersebut di rumah. Di bawah ini adalah rangkuman estimasi harga tandon air terbaru yang bisa menjadi sebuah acuan dalam membeli tandon air :

Merk dan ukuran tandon Harga
Tangki Profil 88 250 liter Rp350.000
Tangki Profil 88 450 liter Rp480.000
Tangki Profil 88 650 liter Rp680.000
Penguin TB25 225 liter Rp450.000
Penguin TB32 300 liter Rp500.000
Penguin TB55 520 liter Rp750.000
Penguin TB70 650 liter Rp850.000
Penguin Total Drain 1550 liter Rp3.650.000
Tandon Tirta T450 450 liter Rp1.450.000
Tandon Tirta T1300 850 liter Rp1.900.000
Tandon Tirta T1200 1300 liter Rp2.100.000
Excel Blow Tank ALB 300 liter Rp560.000
Excel Blow Tank 550 liter Rp875.000

Itulah jenis-jenis tandon air dan harga tandon air beserta panduan dalam memilih tandon air terbaik untuk rumah Anda. Semoga bisa menjadi acuan bagi Anda untuk membeli tandon air terbaik untuk rumah Anda. Pastikan agar Anda terlebih dahulu untuk menyesuaikan ukuran tandon air dengan kebutuhan air di rumah Anda.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *