Manfaat pipa angin – angin septic tank

Manfaat pipa angin – angin septic tank begitu penting

Septic tank merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menampung limbah. Limbah yang berasal dari kotoran manusia tersebut nantinya akan terurai oleh bakteri yang ada. Sementara dari limbah yang sudah menumpuk tersebut nantinya juga akan menyebabkan munculnya bau gas dengan berbagai macam jenis. Dari situ manfaat pipa angin – angin septic tank sangat diperlukan. Sebelum itu, simak terlebih dahulu mengapa septic tank mengeluarkan gas bau di bawah ini.

Manfaat pipa angin - angin septic tank

Manfaat pipa angin – angin septic tank

Mengapa septic tank mengeluarkan gas yang berbau?

Septick tank memang mengeluarkan bau busuk maupun bau tak sedap akibat kotoran manusia yang menumpuk kemudian menghasilkan gas metana. Yang mana setiap bau busuk dan menyengat yang ada tersebut memang berasal dari menumpuknya kotoran atau limbah manusia. Tak heran jika setiap pembuatan septic tank diperlukan yang namanya pipa angin – angin sebagai jalan untuk keluarnya gas tersebut.

Pasalnya, apabila gas tersebut terus menerus tersimpan dan menumpuk di dalam septic tank dengan presentase jumlah yang semakin besar atau tinggi tentu akan menyebabkan terjadinya ledakan atau bahkan terjadinya kebocoran pada septic tank. Bau yang menyengat tersebut mampu menjadi penyebab meledaknya septic tank yang dibuat jika Anda tidak membangun sebuah pipa angin-angin. Lantas bagaimana cara mengatasi agar septic tank tidak meledak?

Bagaimana mengatasi agar septic tank tidak meledak?

Septic tank memang perlu direncanakan dengan matang dalam setiap pembuatannya. Agar bau yang berasal dari septic tank tersebut dapat dihindari, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

  1. Perencanaan konstruksi

Septic tank merupakan salah satu tempat yang sangat penting dalam industri rumah tangga. Sangat penting bagi Anda untuk membuat lubang angin – angin pada lokasi tersebut sebagai saluran pembuangan gas limbah dari hasil kotoran tersebut. Dengan begitu, mikroorganisme yang bekerja sebagai pengurai di dalam septic tank tidak akan terganggu.

Selain itu, dengan melakukan perencanaan konstruksi yang baik maka Anda bisa menggunakan lubang angin – angin untuk menyalurkan oksigen yang diperlukan oleh mikroorganisme seperti bakteri aerob yang berfungsi dalam penguraian kotoran di dalam septic tank.

  1. Pembangunan ventilasi

Pembangunan ventilasi disini adalah pembangunan lubang angin yang sangat penting Anda perhatikan pembangunannya. Ada baiknya Anda membangun ventilasi tersebut lebih dari 2 meter panjangnya. Dengan begitu, tentu gas yang dikeluarkan dari dalam septic tank bisa langsung terlepas menuju udara. Septic tank tersebut tentu perlu dibangun dengan konstruksi yang sangat bagus. Anda bisa mengandalkan jasa pembuatan septick tank agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pasalnya, apabila pembangunan ventilasi dilakukan dengan asal-asalan maka Anda tentu akan terjadi masalah pada bangunan tersebut. Dengan Anda membangun sebuah ventilasi yang tepat, maka tentu bau yang ada pada septic tank tidak akan menganggu.

Untuk lebih jelasnya, agar septic yank tidak meledak Anda bisa menyimak berbagai manfaat pipa angin – angin septic tank di bawah ini.

Pentingnya menerapkan manfaat pipa angin – angin septic tank

Perlu Anda ketahui manfaat pipa angin sangatlah besar dan banyak. Tanpa dibuatnya struktur ventilasi udara pada septic tank tersebut, tentu sebuah septick tank yang ada bukanlah tolak ukur septic tank standar yang bagus. Penggunaan pipa angin – angin disini sangat diperlukan demi tercapai fungsi penuh dari sebuah septic tank.

Diantara manfaat pipa udara septic  tank tersebut sendiri seperti:

  1. Tempat berjalannya sirkulasi udara

Manfaat pipa angin – angin septic tank yang utama tentu tak lain sebagai tempat berjalannya sirkulasi udara. Pasalnya, di dalam septic tank sendiri terdapat tekanan udara yang sangat tinggi. Hal ini berarti apabila di dalam septic tank yang berisi kotoran atau limbah penuh tekanan udara tersebut tidak diberikan ruang khusus untuk sirkulasi udara maka tentu sangat besar kemungkinannya tempat tersebut berpotensi mengalami suatu ledakan.

Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, maka tentu tekanan udara yang ada di dalam dapat berganti dengan mudah keluar lewat saluran khusus sebagai jalan sirkulasi udara tersebut.

  1. Meningkatkan perkembangan bakteri pengurai limbah

Selain sebagai tempat yang dapat digunakan untuk melakukan pergantian atau sirkulasi udara, manfaat yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan perkembangan bakter pengurai limbah. Bakteri pengurai limbah disini sangat membantu keberadaannya yakni menguraikan kotoran yang ada pada tumpukan limbah. Jika di dalam septic tank mengalami terganggunya bakteri pengurai tentu sistem penguraian limbah akan kacau sehingga jangan heran apabila nantinya akan semakin banyak bau menyengat yang bermunculan.

  1. Septic tank Anda tidak akan cepat penuh

Satu lagi manfaat pipa angin – angin yang bisa Anda dapatkan yakni akan menjadikan septic tank tidak akan cepat penuh. Hal ini berarti Anda akan lebih menghemat dana untuk melakukan pengurasan septic tank. Hal ini tak lain karena adanya pipa angin – angin yang membantu pertumbuhan bakteri pengurai dapat berjalan dengan baik. Sehingga limbah yang ada di dalam septic tank pun dapat terurai dengan baik.

Oleh karena itu ada baiknya Anda benar-benar memanfaatkan dan menggunakan pipa angin – angina septic tank tersebut dengan baik. Hal ini tak lain karena adanya banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam sebuah septic tank, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *