Menambal pipa pvc yang bocor

Menambal pipa pvc yang bocor dapat dilakukan sendiri !

Menambal pipa PVC yang bocor – Meski peluang kemungkinan sangat kecil, dan jarang terjadi. Pipa PVC dapat mengalami kebocoran. Kebocoran pada pipa PVC ini disebabkan oleh banyak penyebab diantaranya kualitas material pipa yang buruk, kesalahan pemasangan, serta umur pemakaian dari pipa PVC tersebut pipa PVC yang sudah lama digunakan akan rapuh dan mudah sekali rusak apalagi jika terkena benturan langsung mengenai pipa PVC. Pipa PVC yang menjadi media penyalur air dirumah Anda mengalami kebocoran yang serius hingga menyebabkan permukaan disekitar menjadi basah dan banjir. Anda harus sesegera mungkin mengatasi masalah ini. Jangan sampai rumah Anda rusak gara – gara pipa PVC yang bocor.

Selain saluran air akan terganggu pipa PVC yang bocor dapat merusak penampilan pada rumah akibat bercak – bercak air yang ditimbulkannya, kebocoran pada pipa PVC juga dapat memicu tumbuhnya jamur dan lumut. Tidak hanya itu saja lapisan cat dinding juga lama – lama bisa terkelupas apabila dinding selalu dalam kondisi yang basah. Oleh sebab itu perlu adanya tindakan untuk memperbaiki dengan cara menambal pipa PVC yang bocor. Tetapi apa pipa PVC yang bocor ini masih bisa ditambal ? jawabannya adalah bisa iya atau tidak tergantung kasus kebocorannya. Anda harus memeriksa terlebih dahulu kebocoran yang terjadi pada pipa PVC tersebut.

Menambal pipa pvc yang bocor

Menambal pipa pvc yang bocor

Lantas bagaimana cara menambal pipa PVC yang bocor ? Gampang sekali caranya. Bahkan Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa perlu memanggil tukang untuk memperbaikinya. Berikut ini panduan dari kami yang bisa membantu Anda dalam memperbaiki pipa PVC yang bocor.

Alat dan bahan yang digunakan:

  • Denah pemipaan
  • Pipa PVC
  • Sealtape
  • Lakban PVC
  • Lem PVC
Langkah menambal pipa pvc yang bocor :

Pada umumnya tukang atau arsitek membangun desain rumah, menggunakan denah pemipaan saat merancang jalur instalasi pipa air bersih maupun air kotor.  Denah ini tidak hanya berfungsi untuk membantu proses pemasangan pipa saluran air saja, namun Anda dapat menggunakannya untuk melihat titik mana saja dari instalasi pipa tersebut yang rawan menggalami kebocoran. Biasanya titik yang paling rawan mengalami kebocoran adalah bagian belokan dan sambungan pipa PVC. Apabila dirumah Anda tidak menemukan dena instalasi pipa PVC ini. Coba Anda tanyakan dan konsultasikan langsung dengan tukang dan arsitek yang mengerjakan rumah Anda karena barang kali mungkin dia masih mengingat tentang denah rumah Anda.

Untuk melakukan perbaikan atau menambal pipa PVC yang bocor, Anda membutuhkan sealtape dan juga lem khusus untuk pipa PVC. Anda bisa membelinya di toko bangunan sekitar rumah Anda. sediakan sealtape dan lem khusus pipa PVC, sealtape disini sangat diperlukan, sealtape ini biasanya digunakan untuk menyambung dua permukaan yang ujungnya memiliki ulir atau drat seperti pipa, keran air, shower dan lain – lain. Sedangan lem PVC adalah lem khusus untuk menempelkan benda – benda yang terbuat dari bahan PVC. Untuk memilih Lem ini usahakan memilih lem pipa PVC yang mempunyai daya rekat yang tinggi.

Cari tahu dimana saja posisi titik sumber kebocoran air yang sebenarnya menimpa pada instalasi pipa PVC dirumah Anda. pekerjaan perbaikan pipa bocor ini memang rumit dan membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Namun mau tak mau Anda harus melakukannya untuk menemukan bagian pipa PVC yang bocor. Bisanya titik bagian yang bocor ditandai dengan kondisi dinding yang basah akibat rembesan air dari kebocoran pipa PVC yang ditanam didalamnya. Setelah Anda menemukannya. Tandai titik tersebut dengan pensil, baru kemudian Anda bisa membongkar dinding tersebut menggunakan bor listrik dan palu, kerjakan dengan perlahan jangan sampai merusak tembok.

Di bawah ini merupakan solusi untuk mengatasi pipa pvc yang bocor sesuai kasus kebocorannya :
  1. Perhatikan kondisi pipa PVC tersebut dengan seksama. Jika bagian pipa yang bocor terletak pada sambungannya, maka Anda dapat melepas sambungan tersebut dan menggantinya dengan pipa yang baru. Jangan lupa untuk melapisi bagian permukaan sambungan pipa pvc yang berulir memakai sealtape supaya ikatannya menjadi lebih kuat dan kencang. Sehingga risiko terjadinya kebocoran lagi pada bagian sambungan tersebut pun dapat diminimalisir.
  2. Sementara itu, jika bagian pipa PVC yang bocor adalah sambungan yang tidak mempunyai drat, maka Anda bisa langsung merapatkan sambungannya memakai lem PVC. Setelah Anda berhasil melepaskan sambungan pipa yang lama, oleskan lem ini secukupnya ke permukaan pipa. Lantas pasanglah kembali pipa PVC dan sambungan tersebut dengan benar. Tahanlah posisinya selama beberapa saat sampai lapisan lemnya benar-benar mengering.
  3. Begitu pula jika bagian yang bocor adalah badan pipa. Anda dapat mengandalkan lem PVC untuk menambalnya kembali asalkan kerusakannya hanya berupa keretakan saja. Sedangkan bila pipa PVC tadi sudah berlubang, maka tidak dapat ditambal dengan lem karena lapisan lem tidak akan mampu menahan kuatnya aliran air. Jadi solusinya, Anda harus memotong jalur pipa yang bocor tadi. Kemudian menggantinya dengan pipa PVC yang baru.

Proses perbaikan pada kasus pipa PVC yang mengalami kebocoran memang terbilang susah serta rumit. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengatasinya pun tidak sedikit. Terlebih apabila posisi pipa yang bermasalah tersebut ditanamkan di dalam dinding rumah, maka Anda pekerjaan ini akan semakin terasa merepotkan. Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pipa yang bocor, ada baiknya sejak awal pipa PVC yang dipasang pada rumah menggunakan pipa PVC yang berkualitas dan instalasi air di rumah Anda mesti dirancang dengan sambungan yang sedikit mungkin. Kenapa? Sebab titik-titik sambungan inilah yang paling berisiko mengalami kebocoran.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *