Mengatasi wc mampet dengan sabun cuci piring

Mengatasi wc mampet dengan sabun cuci piring yang dapat anda coba

Saat mengalami masalah pada WC, tentu Anda akan merasa pusing karena tidak memiliki keahlian khusus bagaimana cara mengatasinya. Ada baiknya Anda mengatasi WC mampet dengan sabun cuci piring. Apakah Anda sudah pernah melakukannya? Jika belum maka cara ini bisa jadi cara efektif yang bisa Anda lakukan. Selain mudah untuk dilakukan, cara ini juga bisa Anda lakukan tanpa biaya yang besar.

Dengan mengetahui cara mengatasi WC mampet menggunakan sabun cuci piring tersebut, maka Anda tidak perlu lagi memanggil tukangpelancar saluran mampet. Pasalnya, cara tersebut bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu panik dan khawatir saat sewaktu-waktu terjadi kemampetan pada WC yang ada di rumah. Manfaatkan saja sabun cuci piring untuk mengatasi hal tersebut. Jika WC dirumah Anda mampet karena penuh maka cara ini tidak akan efektif karena WC penuh cara mengatasinya harus dengan mengurasnya dan harus menggunakan jasa sedot WC.

Mengatasi wc mampet dengan sabun cuci piring

Mengatasi wc mampet dengan sabun cuci piring

Akan tetapi sebelum itu, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab WC mampet. Dengan begitu, di lain waktu Anda bisa lebih waspada lagi agar WC yang ada di rumah tidak mampet kembali untuk kesekian kalinya. Lantas apa saja hal yang bisa menyebabkan WC menjadi mampet? Simak selengkapnya di bawah ini.

Ketahui dulu apa saja penyebab wc mampet

Saat WC mampet, tentu terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab yang mungkin tidak Anda ketahui sama sekali. Untuk itu, sangat penting bagi Anda mengetahui apa saja penyebab WC mampet tersebut. Penyebab WC mampet sendiri ada banyak sekali. Kemungkinan hal tersebut terjadi akibat kebiasaan buruk Anda yang membuang sampah ke dalam kloset.

Hal tersebut tentu akan menyebabkan kloset terganggu fungsinya sehingga terjadilah kemampetan. Hal tersebut karena sampah yang ada di dalam kloset hanya akan membuat saluran air menjadi terhambat. Baik itu sampah yang berukuran kecil dan sedang yang sering disepelekan orang. Seperti cotton bud, tisu basah, popok bayi, pembalu, tisu kloset, dan masih banyak lagi.

Berbagai benda tersebut menurut Anda cukup sepele untuk dibuang ke dalam WC atau kloset. Akan tetapi, jika Anda lakukan dari waktu ke waktu tentu hal tersebut hanya akan menyebabkan saluran WC menjadi mampet. Jika sudah mampet maka WC tersebut hanya akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Tentu setiap orang yang menggunakan WC tersebut akan terganggu aktivitasnya.

Oleh karena itu, apabila Anda mengalami hal tersebut segeralah mengatasinya dengan cara yang sangat mudah dan murah. Yakni Anda dapat mengatasinya hanya dengan memanfaatkan sabun cuci piring yang biasanya digunakan di rumah. Sangat praktis bukan? Simak bagaimana cara mengatasi WC mampet dengan sabun cuci piring tersebut di bawah ini.

Langkah mengatasi wc mampet dengan sabun cuci piring

WC yang mengalami kemampetan tentu perlu segera Anda atasi agar hal tersebut tidak mengganggu aktivitas Anda saat ingin buang air besar atau buang air kecil nantinya. Penghuni rumah pun tidak akan merasakan bau yang menyengat akibat WC yang mampet tersebut. Tak perlu langsung memanggil tukang pelancar saluran mampet, Anda masih bisa mengatasinya hanya dengan memanfaatkan sabun cuci piring yang ada di dapur.

Selain ramah lingkungan, tentu sabun cuci piring adalah bahan yang sangat mudah untuk Anda temukan di rumah. Lantas seperti apa cara menggunakan sabun cuci piring tersebut untuk mengatasi masalah kemampetan pada WC? Di bawah ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Sediakan terlebih dahulu satu canggkir sabun cuci piring serta air
  2. Anda bisa memasak air yang sudah disiapkan tersebut sampai panas tetapi usahakan tidak sampai mendidih
  3. Selanjutnya, Anda bisa menuangkan sabun tersebut ke dalam WC yang mengalami kemampetan. Setidaknya Anda memerlukan setengah cangkir sabun cuci piring untuk mengatasi toilet yang mengalami kemampetan tersebut.
  4. Anda bisa menunggunya beberapa saat sampai sabun cuci piring tersebut mengendap. Nantinya endapan sabun tersebut dapat Anda gunakan untuk melicinkan saluran pipa WC.
  5. Untuk airnya Anda bisa mendiamkan air tersebut di kompor hingga hangat
  6. Tunggu beberapa saat sampai air yang dimasak sudah terasa cukup panas tanpa perlu mendidih.
  7. Selanjutnya, Anda bisa menuangkan air yang ada ke dalam toilet yang bermasalah.
  8. Adanya sabun cuci piring yang sudah Anda tuang sebelumnya tersebut nantinya akan bereaksi saat bercampur dengan air panas.
  9. Hasil reaksi yang diciptakan tersebutlah yang bisa menyebabkan hancurnya kotoran yang menyumbat.
  10. Sebagai saran, Anda bisa mematikan katup air jika khawatir nantinya terlalu banyak air di toilet saat menyiramnya.
  11. Kemudian tidak ada salahnya bagi Anda untuk menunggu kurang lebih 15 menit sehingga kotoran terbuka dan WC dapat mengalir dengan lancar kembali.
  12. Terakhir, Anda bisa menyiramkan air berkali-kali sampai kotoran benar-benar hancur dan tidak menyumbat lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi WC mampet dengan sabun cuci piring. Cara yang satu ini terbilang cukup ampuh dan hemat bagi Anda yang tidak mau mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk menormalkan kembali WC yang mengalami kemampetan. Jangan sampai WC yang mampet di rumah Anda hanya didiamkan saja karena tentu akan menyebabkan masalah yang baru.

Seperti air yang memenuhi toilet lalu meluap ke lantai. Hingga kotoran yang meluap dan memcemari area toilet di rumah Anda. Anda tentu tidak menginginkannya bukan? Oleh karena itu, jangan ragu untuk segera mengatasi WC mampet dengan sabun cuci piring seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan menerapkan cara tersebut tentu sangat efektif bagi Anda melancarkan kembali WC yang mampet dan bermasalah.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *