Penyebab saluran closet tersumbat

Penyebab saluran closet tersumbat

Aktivitas di kamar mandi yang terganggu karena closet mampet tentu menjadi masalah serius. Tak hanya kejengkelan menekan tombol flush yang tak kunjung berhasil saja, closet yang mampet atau tersumbat bisa menjadi penyebab aroma tidak sedap menguar di kamar mandi. Bahkan aroma yang tidak sedap tersebut bisa menyebar ke seluruh penjuru rumah, lho! Oleh sebab itu, Anda harus segera mencari tahu penyebab saluran closet tersumbat agar bisa mengatasi masalah tersebut.

Penyebab saluran closet tersumbat

Penyebab saluran closet tersumbat

Yuk, simak penyebab saluran pada closet bisa tersumbat yang disebabkan benda organik atau non organik berikut!

  1. Membuang sampah ke toilet

Penyebab utama closet di rumah Anda mampet karena pembuangan sampah sembarangan. Anda harus tahu bahwa membuang tisu, tusuk gigi, bekas puntung rokok, plastik bekas sampo, dan lain-lain ke saluran pembuangan sangat berisiko menyebabkan closet mampet. Untuk mengatasi masalah sumbatan yang disebabkan oleh sampah adalah menggunakan plunger, kawat atau sedotan WC yang berbentuk mangkuk.

  1. Sampah atau benda non organik lain

Bekas pembalut atau popok bayi yang dibuang ke saluran pembuangan menjadi penyebab saluran closet tersumbat. Selain itu, benda non organik yang sering masuk ke dalam saluran pembuangan adalah mainan anak-anak. Terkadang anak-anak sering memasukkan mainan seperti bola atau benda keras lain ke toilet. Gunakan plunger untuk mengatasi masalah toilet tersumbat akibat benda non organik. Terkadang plunger juga tidak dapat menyelesaikan masalah sumbatan yang di sebabkan oleh benda padat yang masuk ke dalam kloset ini, pertama Anda harus mencobanya dengan plunger terlebih daluhu, jika kloset masih saja mampet Anda harus memangil jasa sedot WC untuk menangani masalah ini.

  1. Benda organik yang menyumbat saluran disi

Saluran disi adalah saluran pembuangan yang menghubungkan antara closet menuju ke septic tank. Tentu pemakaian bertahun-tahun menyebabkan penumpukan kerak, lumut atau kotoran pada saluran pembuangan. Bisa jadi penyebab saluran closet tersumbat karena tumpukan benda organik ini. Selain itu, benda organik yang banyak menyebabkan masalah pada saluran pembuangan adalah sisa rambut manusia atau hewan.

Bisa jadi kebiasaan keramas di kamar mandi yang menyatu dengan toilet atau rambut yang rontok saat aktivitas mandi masuk ke lubang toilet. Tumpukan rambut bisa menyebabkan masalah sumbatan serius pada closet atau toilet Anda. Perlu langkah penyelesaian agar saluran closet bisa berfungsi normal kembali. Berikut cara mengatasi kloset yang tersumbat akibat penumpukan kotoran atau benda organik:

–              Menggunakan produk enzimatis

Produk enzimatis memang digunakan untuk mengatasi wc mampet karena benda organik bukan benda padat. Caranya hanya menuangkan cairan ke dalam lubang toilet sesuai dengan aturan pakai agar tidak merusak pipa saluran pembuangan Anda.

–              Menggunakan baking soda dan cuka

Anda bisa menghilangkan sumbatan pada toilet yang disebabkan oleh benda organik dengan bahan dapur saja. Gunakan baking soda dan cuka untuk mengatasi sumbatan. Jangan lupa  tambahkan air panas yang bisa mendorong sumbatan ke dalam saluran pembuangan, ya! Pastikan Anda berhati-hati saat melakukan pembersihan sumbatan menggunakan bahan baking soda dan cuka. Hal ini dikarenakan bahan baking soda atau cuka yang bercampur dengan air panas bisa menyebabkan gelembung atau reaksi kimia.

Bahan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan sumbatan saluran closet tersumbat adalah soda api. Namun, Anda sebaiknya tahu mengenai prosedur penggunaan karena soda api tergolong sebagai bahan kimia berbahaya. Soda api juga bisa merusak pipa saluran pembuangan ke septic tank.

Beberapa penyebab saluran closet tersumbat di atas bisa menjadi bahan wawasan Anda agar bisa melakukan penanganan masalah umum tersebut. Jika proses penanganan tidak membuahkan hasil maksimal, sebaiknya Anda segera menghubungi jasa sedot wc berkualitas. Biarkan tim yang lebih ahli dan berpengalaman menyelesaikan masalah wc tersumbat Anda.

Posted in Tips & Trik and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *