Tanaman hias yang cocok di kamar mandi

Tanaman hias yang cocok di kamar mandi

Diantara sekian banyak ruangan di rumah, kamar mandi menjadi ruangan yang paling terakir Anda pikirkan untuk didandani ya nggak ? Anda bisa menambahkan tanaman hias yang cocok di kamar mandi yang akan membuat kamar mandi Anda terlihat lebih bagus, segar dan nyaman.

Instrument dasar kamar mandi seperti bak mandi, shower, wastafel hingga toilet, sudah tetap posisinya. Di satu sudut tidak bisa diubah – ubah posisinya kecuali Anda merenovasinya. Oleh sebab itu cara paling gampang yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik kamar mandi adalah dengan menambah aksesoris. selain pilihan tirai dan wadah – wadah peralatan kamar mandi, aksesoris menarik yang dapat membuat ruangan lebih hidup dan segar adalah tanaman.

Tanaman hias yang cocok di kamar mandi

Tanaman hias yang cocok di kamar mandi

Tanaman memiliki banyak manfaat didalam ruangan. Jenis tanaman tertentu selain mempunyai peran ekstetika juga memiliki kemampuan dasar untuk mengatur kelembapan dan memurnikan udara. Tidak hanya itu saja masih banyak lagi manfaat tanaman hias di kamar mandi berikut penjelasannya.

  1. Membersihkan udara dalam ruangan

Di dalam ruangan seperti pada kamar mandi berpotensi memiliki tingkat polusi yang lebih tinggi dari pada luar ruangan karena adanya campuran polutan luar ruangan dengan kontaminan dalam ruangan seperti VOC “Volatile Organic Compounds” yang dipancarkan dari perabot kamar mandi, cat dan bahkan diterjen. Membuka jendela dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, tetapi tidak semua kamar mandi memiliki jendela.

Untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan meletakkan tanaman hias pada kamar mandi. Tanaman dapat meningkatkan kualitas udara dalam kamar mandi selain itu juga dapat meghilangkan polusi bahan kimia berbahaya, seperti benzena dan formaldehida, serta mengurangi sindrom gedung sakit.

  1. Meningkatkan atmosfer kamar mandi

Semua orang pasti setuju bahwa dengan menaruh tanaman di kamar mandi dapat meningkatkan energi dan atmosfer kamar mandi. Terlebih sebenarnya ada banyak jenis tanaman hias yang cocok di kamar mandi.

Anda pasti banyak menghabiskan waktu yang cukup lama di kamar mandi. Seperti saat mandi, mencuci wajah, buang air dan lain – lain. Jadi merupakan ide yang sangat bagus untuk memberikan perhatian pada atmosfer kamar mandi. Salah satu yang terbaik adalah dengan menaruh beberapa tanaman hias di beberapa sudut kamar mandi.

  1. Meningkatkan energy

Jika Anda membutuhkan dorongan energi setelah bangun tidur. Anda bisa menempatkan tanaman hias di kamar mandi. Meskipun kamar mandi adalah cara yang bagus untuk memberikan semangat pada pagi hari, tetapi menempatkan tanaman di kamar mandi juga bisa membantu meningkatkan energi. Sehingga menaruh tanaman di kamar mandi bisa meningkatkan energi menjadi dua kali lipat.

Seperti yang di jelaskan melalui penelitian Ellison Chair in International Floriculture menggunkapkan bahwa tanaman dapat membantu meningkatkan vitalitas dan memberi energi ekstra saat sedang mandi.

  1. Meredakan stres dan kecemasan

Berada di alam terbuka telah terbukti dapat menurunkan tingkat stres dan meremajakan tubuh serta pikiran, untuk itu dengan menaruh tanaman di dalam kamar mandi dapat membantu Anda bersantai setelah seharian beraktivitas. Terlebih lagi kekuatan tanaman untuk membersihkan udara juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan memungkinkan Anda mengatasi stres dengan lebih baik.

Untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan, aroma lavender telah terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah, menurut laman Everyday Health. Walaupun efek ini biasanya ditemukan dalam minyak esensial dan semprotan ruangan, tetapi tanaman pot juga bisa memberikan manfaat yang sama baiknya.

  1. Mengurangi kelembapan dan mencegah terbentuknya lumut

Kita semua sadar bahwa kamar mandi adalah tempat yang lembap sehingga menjadi tempat yang rentan ditumbuhi jamur dan lumut. Menurut laman Hunker, dengan adanya tanaman di kamar mandi bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Tanaman yang ada di kamar mandi akan bekerja dengan menyerap udara lembap, hal ini akan mencegah berkembangnya masalah kelembapan yang serius dan juga tanaman dipercaya mampu mengurangi perkembangan potensi jamur dan lumut.

Nah, sebelum memutuskan mau menempatkan tanaman yang model bagaimana, Anda tentunya perlu mengetahui beberapa hal. Pertama, beberapa jenis tanaman tetap membutuhkan sinar matahari setiap harinya meskipun sedikit dan tidak langsung. Kedua, jenis tanaman yang adaptif di lingkungan dengan kelembapan tinggi ada pula yang membutuhkan area luas untuk perkembangannya. Jadi, sangat penting untuk memikirkan lokasi dan luas bidang penempatan tanaman di dalam kamar mandi. Beberapa area yang umum menjadi pilihan untuk lokasi tanaman adalah di rak, di atas meja, di dekat jendela, atau di pojok ruangan kamar mandi, baik di pot atau digantung.

Tanaman yang cocok ditaruh di kamar mandi

Inilah tanaman hias yang cocok di kamar mandi yang dapat Anda pilih sebagai pemanis ruangan kamar mandi, baik untuk kamar mandi yang berjendela ataupun tidak.

  1. Lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya beradaptasi dengan baik di lingkungan kamar mandi yang memiliki kelembapan tinggi, sehingga Anda nggak perlu sering-sering menyiramnya. Cukup 2-3 kali dalam seminggu. Namun, tanaman ini membutuhkan asupan cahaya matahari yang cukup banyak, sekitar 6-8 jam per hari. Oleh karena itu, posisikan pot tanaman lidah buaya di dekat jendela yang dapat membiaskan cahaya matahari dari luar ke dalam dengan baik atau bawa tanaman ini sesekali keluar ruang apabila kamar mandi Anda tidak berjendela.

  1. Lily

Tanaman hias indoor dengan bunga bewarna putih yang super elegan ini emang cocok banget dijadikan sebagai pemanis ruangan kamar mandi. Wanginya yang khas juga mampu menaikkan mood dan menjadi pelepas rasa stress. Selain itu bentuknya yang bak lonceng juga membuat keindahan ruangan kamar mandi makin bertambah.

  1. Pakis boston / boston fern (nephrolepis exaltata)

Dalam kamar mandi yang lembab dan kurang sinar matahari, tanaman yang termasuk kelompok keluarga pakis ini akan menjadi pilihan yang tepat. Boston fern sanggup menyerap kelembapan, mengatur kondisi udara, bahkan menyerap keberadaan polutan bahan-bahan kimia dari produk pembersih rumah tangga. Membuat udara di dalam kamar mandi lebih terjaga kualitasnya. Di kamar mandi, Anda dapat menempatkan boston fern di pot atau di dalam keranjang gantung.

  1. Lidah mertua

Tanaman dengan nama latin Sansevieria ini, seolah menjadi tanaman terfavorit sepanjang masa. Dari tahun ke tahun, jenis tanaman yang satu ini selalu masuk ke dalam tanaman hias indoor pilihan. Ada banyak alasan mengapa jenis tanaman yang digelari dengan tanaman pembawa hoki ini selalu diminati. Mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak air ialah penyebab dari tingginya minat masyarakat terhadap jenis tanaman ini.

Ditambah lagi, tanaman yang memiliki corak seperti sisik ular ini mempunyai kemampuan untuk mengurangi polusi udara yang ada di rumah. Bahkan, penelitian dari NASA juga menyebutkan bahwa tanaman lidah mertua mampu menyerap racun di udara seperti benzene, xylene dan formaldehyde.

  1. Sri rejeki / chinese evergreen (aglaonema commutatum)

Sudah sejak lama tanaman ini menjadi pilihan banyak orang sebagai tanaman hias yang cocok di kamar mandi. Sri rejeki dapat tumbuh di berbagai kondisi, baik hangat ataupun lembap. Namun, daunnya yang bercorak dapat berubah warna menjadi lebih gelap apabila kekurangan cahaya matahari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk sesekali menjemurnya di luar ruangan atau tempatkan di dekat jendela yang dapat membiaskan matahari di dalam kamar mandi.

  1. Lavender

Jenis tanaman hias indoor yang satu ini diburu karena mampu memberikan aroma yang sedap pada ruangan. Selain itu, jenis tanaman dengan daun bewarna ungu ini juga terkenal ampuh untuk mengusir nyamuk. Kemampuannya untuk mengusir nyamuk ini ada karena lavender memiliki kandungan berupa essential oil yang juga mampu membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Menghilangkan stres, mencegah kanker, hingga mengobati diabetes ialah beberapa manfaat lavender bagi kesehatan tubuh.

  1. Kaktus (cactaceae) + sukulen

Soal kemampuannya bertahan hidup tanpa banyak air semua orang mungkin sudah tahu. Namun, bukan hanya itu yang membuat tanaman ini pantas menjadi pilihan sebagai tanaman untuk di kamar mandi. Kaktus mampu menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida dalam ruangan. Dengan demikian, keberadaanya di kamar mandi dapat membuat udara lebih terjaga kesegarannya. Pilih kaktus atau sukulen berukuran mini dalam berbagai bentuk lalu tempatkan dalam pot-pot kecil untuk mencipakan kesan artistik yang menarik.

  1. Geranium

Kerap dikira bunga mawar karena kesamaan bentuk dan aromanya, jenis tanaman hias indoor yang satu ini nyatanya sangat berbeda. Geranium memiliki aroma yang sangat kuat. Bahkan, bunga dari tanaman yang satu ini menjadi salah satu bahan pembuatan parfum. Oleh karena itu, bunga ini cocok banget Anda letakkan di dalam ruangan kamar mandi selain sebagai penghias kamar mandi juga sebagai pengharum alami.

  1. Air plants (tillandsia)

Tanaman epifit ini hidup mengandalkan nutrisi dan air yang berterbangan melalui udara. Supaya tanaman tetap kering dan tidak mudah terpercik air dari keran dan shower, tempatkan tillandsia di posisi yang agak tinggi seperti di rak atau dalam pot gantung.

Itulah bebrapa tanaman hias yang cocok di kamar mandi. Rata – rata tanaman yang kami sebutkan diatas dapat tumbuh di dalam ruangan kamar mandi. Semuanya dapat dijadikan alternaif untuk membuat kamar mandi Anda lebih asri, indah, sejuk dan yang paling penting membuat Anda merasa nyaman berada di kamar mandi.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *