Tips memasang closet jongkok

Tips memasang closet jongkok

Saat ini, penggunaan closet jongkok masih cukup diminati oleh kebanyakan orang. Terlebih di Indonesia sendiri masyarakatnya lebih familiar dengan keberadaan closet jongkok jika dibandingkan dengan closet diduduk. Lantas, seperti apa tips memasang closet jongkok yang baik dan benar? Simak selengkapnya di bawah ini!

Tips memasang closet jongkok

Tips memasang closet jongkok

Tips memasang closet jongkok yang baik dan benar

Tips memasang closet jongkok pada umumnya tidak jauh berbeda dengan pemasangan closet jenis duduk. Hanya saja yang menjadi perbedaan adalah pada pemasangan keramik kamar mandi tersebut. Jika pada closet jongkok, pemasangan keramik dilakukan  setelah pemasangan closet jongkok.

Sedangkan pada pemasangan keramik closet duduk, ini dilakukan terlebih dahulu barulah kemudian closet duduk dipasang. Itulah kira-kira yang menjadi perbedaan antara pemasangan closet jongkok dan juga closet duduk.

Lantas seperti apa cara memasang closet jongkok? Berikut beberapa langkah pemasangan kloset jongkok yang bisa Anda ketahui hingga akhir.

  1. Sediakan pipa PVC terlebih dahulu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan pipa PVC terlebih dahulu. Pipa ini nantinya akan dijadikan sebagai saluran atau lubang pembuangan dari closet jongkok yang akan dipasang. Anda bisa memasang pipa PVC, kemudian lakukan pengecoran lantai dengan ketinggian yang rata pada pipa yang sudah ditanam.

Anda bisa menyesuaikan lubang pipa dengan ukuran closet jongkok yang digunakan. Adapun kisaran ukurannya mencapai sekitar 45 cm saja dari dinding samping. Kemudian jika diukur dari dinding belakang maka hanya memerlukan jarak sekitar 30-35 cm saja.

  1. Anda bisa menyiapkan area closet jongkok

Pada lantai kamar mandi, Anda bisa membuat segi empat atau kotakan dengan jarak dinding pada pipa PVC sebesar 2-3 cm saja. Hal ini dilakukan agar closet jongkok bisa sedikit terbuka.

Tentu saja ukuran setiap merk bisa jadi akan berbeda. Anda bisa menyesuaikannya dengan setiap merk yang digunakan. Namun pada umumnya ukuran dari closet jongkok pada setiap merk adalah hampir sama.

  1. Siapkan adukan semen untuk mengelilingi kotakan

Setelah Anda berhasil membuat kotakan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan adukan semen dengan dikelilingi batako atau kotakan yang telah Anda buat sebelumnya. Anda bisa memberikan semen pada area tersebut hingga merata. Jangan lupa untuk memberi pijakan untuk closet.

  1. Mulai pasang closet jongkok

Jika Anda sudah menambahkan adukan semen, maka Anda bisa mulai meletakkan closet jongkok pada semen yang masih basah. Anda tidak perlu menunggunya hingga semen kering. Kemudian berikan tekanan pada closet yang sudah Anda pasang. Anda bisa melakukannya dengan menduduki closet tersebut.

Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan perataan bagian closet menggunakan alat water pas. Kemudian tunggu sampai keadaan semen hingga benar-benar kering.

  1. Lakukan pemasangan keramik kamar mandi

Jika Anda sudah memastikan bahwa semen sudah dalam keadaan benar-benar kering, maka Anda bisa menyiapkan beberapa keramik untuk segera di pasang pada lantai kamar mandi. Langkah ini sekaligus menjadi langkah terakhir dalam pemasangan closet jongkok.

Anda bisa memasang keramik pada sekeliling closet dengan menggunakan adonan semen yang dibuat.

Itulah beberapa tips memasang closet jongkok yang baik dan benar. Anda bisa menggunakan beberapa tips di atas agar mendapatkan pemasangan closet dengan baik.

Dalam menerapkannya jangan sampai ada poin yang terlewat. Pasalnya, hal ini hanya akan membuat hasil pemasangan closet jongkok menjadi tidak sempurna. Pastikan Anda melaksanakan semua langkah di atas sehingga dapat menghasilkan kloset yang maksimal.

Posted in Tips & Trik and tagged , , , .

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *