Trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona

Trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona

WHO sebagai organisai kesehatan dunia secara resmi menyatakan bahwa virus corona jenis baru disebut COVID – 19 telah berubah menjadi pandemi. Virus ini pertama kami menyebar di wuhan china pada awal bulan januari 2020. dan di Indonesia sendiri virus ini telah menewaskan banyak orang dari hampir semua golongan dari masyarakat tingkat atas hingga tingkat bawah. Untuk mencegah penularan virus ini banyak cara yang diterapkan misalnya cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona pembatasan sosial. Memakai masker. Dan lain sebagainya.

Trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona

Trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona

Menurut WHO. Cara paling dasar yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari virus ini yaitu dengan melakukan cuci tangan sesering mungkin dengan tujuan untuk membunuh virus dan bakteri yang menempel ditangan. Namun cuci tangan harus dilakukan dengan benar – benar bersih, bagaimana caranya ? pada artikel kali ini kami akan memberikan tips dan trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona. Simak sampai habis, ya !

Tata cara cuci tangan menurut WHO

Untuk menghilangkan virus – virus yang menempel ditangan cara pertama adalah dengan mencuci tangan, pertama – tama basahi kedua tangan Anda mengunakan air bersih. Setelah itu tuangkan sabun pada tangan secukupnya hingga dirasa cukup untuk membersihkan semua permukaan tangan. Gosokan telapak tangan yang satu dengan tangan lainya. Usahakan juga menggosok punggung tangan dan sela – sela jari.

Selanjutnya, silakan gosok punggung jari mennggunakan telapak tangan yang satunya dengan posisi jari yang saling bertautan, lalu genggam dan gosok ibu jari dengan posisi memutar. Saat cuci tangan, jangan lupa juga untuk menggosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar area kuku pun ikut terkena sabun. Setelah itu, basuh tangan menggunakan air mengalir dan keringkan tangan menggunakan lap sekali pakai.

Trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona

Trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona

Perhatikan durasi cuci tangan

Untuk membunuh semua virus pada tangan, sebaiknya Anda tidak terburu – buru saat mencuci tangan. WHO memberikan anjuran durasi mencuci tangan yaitu sekitar 20 sampai 30 detik, tentu lebih lama justru lebih baik dan jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir.

Keringkan tangan dengan lap sekali pakai

Perlu Anda ketahui bahwa kuman kerap berkembang biak di area yang lembap. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak meninggalkan wastafel sebelum tangan benar-benar kering, ya! Saat mengeringkan tangan, sebaiknya Anda menggunakan lap sekali pakai yang bersih seperti tisu kering. Hal ini karena lap sekali pakai yang bersih dinilai lebih efektif. Namun, jika di tempat Anda hanya terdapat opsi pengering tangan berupa blower, pastikan Anda menunggu hingga tangan benar-benar kering.

Cuci tangan sesering mungkin

Banyak orang hanya melakukan cuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet saja. Padahal, virus dan bakteri tersebar di mana-mana, misalnya pada tombol lift, pegangan tangga, kartu ATM, pintu rumah, permukaan meja, keyboard laptop atau komputer, remote AC, bahkan ponsel yang setiap saat Anda genggam.

Oleh karena itu, lakukanlah trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona sesering mungkin setelah menyentuh benda-benda di sekitarmu. Selain itu, agar lebih maksimal dalam membunuh kuman, sterilkan berbagai barang personal yang sering Anda pakai menggunakan tisu pembersih anti bakteri. Namun, pastikan juga tisu pembersih yang Anda pakai memiliki tekstur yang lembut agar barang kesayangan Anda tidak rusak atau lecet.

Gunakan hand sanitizer

Jika disuatu ketika Anda tidak menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan, Alternatif yang bisa Anda gunakan adalah membawa hand sanitizer secara pribadi, pilih hand sanitizer yang memiliki 60 persen kandungan alkohol, meskipun tidak seefektif seperti cuci tangan dalam menghilangkan virus, tapi penggunaan hand sanitizer dapat membantu mengurangi jumlah kuman yang menempel secara cepat.

Untuk menggunakannya, silahkan tuang hand sanitizer pada telapak tangan Anda, tuangkan secukupnya lalu gosok kedua telapak tangan Anda usahakan gosok secara merata dari telapak tanggan, punggung tangan hingga sela – sela jari. Setelah itu tunggu hingga megering. Tetapi ingat pengunaan hand sanitizer ini hanya sebagai alternatif. Tetap lakukan cuci tangan ketika menemukan air dan sabun.

Lakukan trik cuci tangan yang benar agar efektif membunuh virus corona di atas secara rutin agar Anda dan keluarga Anda terhindar dari kuman, bakteri, termasuk virus corona. Lebih efektif lagi jika Anda membuatkan tempat cuci tangan didepan rumah Anda jadi setiap kali Anda dan keluarga Anda akan selalu ingat untuk mencuci tangan ! selamat mengikuti trik cuci tangan yang benar yang telah kami samapaikan diatas.

Selain informasi di atas, temukan juga artikel dengan informasi dan tips – tips bermanfaat lainya dari kami. Tak hanya itu kami juga menyediakan banyak jasa yang bisa Anda order untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah Anda. kami menyediakan jasa sedot WC, jasa pelancaran saluran mampet, jasa pembuatan septic tank. dan masi banyak lagi.

Posted in Tips & Trik and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *