Cara agar septic tank tidak cepat penuh

Septic tank tidak cepat penuh Septic tank yang baik dan benar, penempatannya tidak mencemari lingkungan sekitar, utamanya untuk air bersih yang digunakan untuk berbagai macam keperluan rumah tangga. Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang pada saat pembuatan septic tank sehingga tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan.

Selain hal di atas, kita juga harus memikirkan supaya septic tank tidak cepat penuh . oleh karena itu perlu perawatan septic tank yang dilakukan secara rutin. Karena pemakaian septic tank terus menerus akan menyebabkan penumpukan hasil limbah closet. Sebaiknya kita perlu mengetahui bagaimana mengatasi supaya septic tank tak cepat penuh.

Bagaimana Agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh?

Salah satu caranya yang praktis dan paling aman adalah menambahkan mikroba pengurai secara rutin ke dalam septic tank sebagai penghancur kerak dan kotoran penutup pori-pori tanah supaya resapan menjadi kembali normal, jika kondisi septic tank tidak diperbaiki akan cepat penuh kembali.

Cara supaya septic tank bertahan lama dan tidak mudah penuh menggunakan bahan organik alami dapat juga digunakan. Karena setiap orang tentu menginginkan septic tank di rumahnya dapat bertahan lama dan septic tank tidak cepat penuh.

Septic tank yang cepat penuh diakibatkan bermacam hal diantaranya, pembuatan septic tank yang salah, ada sumber air di bawah septic tank dan lain-lain. Sehingga alangkah baiknya kita menemukan solusi supaya septic tank di rumah tidak cepat penuh.

 

Cara Membuat Septic Tank Agar Tidak Cepat Penuh

Untuk mencegah supaya septic tank tidak cepat penuh digunakan bahan organik. Penggunaan bahan organik ini lebih aman dan memiliki kelebihan daripada bahan kimia, karena bahan organik sangat mudah didapat, lebih ekonomis dan tidak menimbulkan efek samping.

Bahannya pembuatannya menggunakan susu fermentasi atau susu basi yang didiamkan dan disimpan hingga berkembang biak menjadi bakteri-bakteri penghancur buangan closet di dalam septic tank melalui cara yang alami atau organik. Bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan untuk pembuatan mikroba pengurai supaya septic tank tidak cepat penuh adalah sebagai berikut.

  1. Satu botol air bekas minuman ukuran besar dan tutupnya.
  2. Susu murni atau susu sapi yang masih segar, sesuai kapasitas botol air mineral.

 

Pembuatannya

  1. Masukan susu murni atau susu sapi segar yang tadi telah disediakan dan masukkan ke dalam botol air dan tutup dengan rapat.
  2. Simpan susu murni atau susu sapi segar yang tadi telah dimasukkan ke dalam botol di tempat yang aman dan suhu ruang normal serta terhindar dari paparan sinar matahari langsung atau suhu panas yang lain. Langkah ini adalah proses fermentasi.
  3. Setelah melakukan proses fermentasi yang tersimpan selama satu minggu atau bisa lebih, lanjutkan dengan menuangkan susu ke dalam septic tank yang diguyur di lubang closet sampai habis. Anda hanya tinggal menunggu reaksinya saja.

 

Pembuatan mikroba atau bakteri penghancur di atas sangat mudah dibuat bukan ? hanya menggunakan satu bahan saja dengan botol dan proses fermentasi anda akn mendapatkan bakteri mikroba sebagai pengurai. Bakteri miroba akan mengurangai kepenuhan yang terdapat di dalam septic tank.

Pembuatan bakteri mikroba tau bakteri pengurai merupakan pencegahan supaya septic tank di rumah tidak cepat penuh. Bukan mengurangi kotoran atau limbah closet di dalam septic tank tapi menggunakan langkah-langkah pembuatan dan pembuangan mikroba pengurai yang disiram melalui lubang closet.

Cara-cara seperti itu tadi dapat anda lakukan beberapa kali tidak masalah. Agar kinerja bakteri penghancur semakin maksimal. Bakteri mikroba akan semakin banyak dan semakin bereaksi membantu proses penghancuran di dalam septic tank. Sehingga septic tank tidak lagi cepat penuh. Akan tetapi cara ini hanyalah cara untuk melakukan pencegahan saja.

Langkah di atas hanya berupa pencegahan agar septic tank tidak cepat penuh saja. Namun apabila septic tank di rumah anda dirasa sudah sangat penuh maka, sebaiknya anda menghubungi sang ahli pengurasan septic tank untuk membersihkan septic tank di rumah anda. sebaiknya benar-benar seorang yang telah ahli dapat mengerjakan pengurasan septic tank.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *