Cara memasang tempat cuci piring

Cara memasang tempat cuci piring yang dapat anda lakukan sendiri

Desain dapur yang mengusung tema bernuanasa modern harus didukung dengan perlengkapan dapur yang menarik dan modern pula. Kabinet biasanya menjadi hal wajib sebagai furniture yang dipasang di dapur bertema modern. Selain itu, terdapat pula kitchen sink atau tempat cuci piring. Keberadaan tempat cuci piring sangatlah penting. Lalu bagaimana cara memasang tempat cuci piring yang benar agar dapur cantik kita menjadi modern dan nyaman digunakan.

Sebenarnya, tempat cuci piring tidak hanya bermanfaat untuk mencuci piring atau peralatan dapur saja namun juga digunakan untuk mencuci bahan makanan yang ingin dimasak agar higenis atau bersih dari kuman maupun bakteri.

Tempat cuci piring adalah bak khusus yang digunakan untuk menampung air cucian pada dapur. Biasanya perangkat dapur ini dipasang secara menyatu dengan meja yang ada di dapur. Namun posisinya terletak pada jarak yang relatif jauh dengan kompor. Hal ini bertujuan agar perangkat ini tidak mengganggu selama proses memasak berlangsung.

Cara memasang tempat cuci piring

Cara memasang tempat cuci piring

Berbeda dengan wastafel yang biasanya dipasang di kamar mandi, tempat cuci piring ini mempunyai ukuran yang lebih besar serta posisi pemasangannya pun dibuat lebih rendah. Anda mungkin tertarik untuk memiliki tempat cuci piring sendiri di dapur cantik Anda?

Nah, Anda bisa membuatnya dengan berbagai macam material yang biasanya digunakan untuk bangunan. Bahan yang digunakan untuk tempat cuci piring ini biasanya terbuat dari bahan stenlis, plat besi dan marmer Asalkan material yang dipilih bersifat kedap air, maka bahan tersebut bisa untuk digunakan.

Cara yang benar memasang tempat cuci piring

Namun kebanyakan masyarakat lebih memilih tempat cuci piring yang dibuat dari bahan marmer atau stenlis. Anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat tempat cuci piring sendiri. Anda cukup membeli produk sudah jadi di berbagai toko bangunan dan memasangnya dengan mudah.

Berikut ini uraian lengkap mengenai cara memasang tempat cuci piring yang baik dan benar!

  1. Periksa terlebih dahulu bagaimana kondisi meja dapur Anda. Usahakan untuk memastikan terlebih dahulu ukuran lubang yang tersedia apakah benar-benar sesuai dan pas dengan ukuran tempat cuci piring yang Anda pilih. Sebab, jika ukuran keduanya tidak sesuai nantinya akan membentuk celah dan berpotensi untuk menimbulkan kebocoran.
  2. Umumnya dibutuhkan bahan perekat yakni adonan semen untuk menyambung tempat cuci piring dengan meja dapur. Anda bisa membuat adonan ini dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan 2:1. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan bahan perekat yang lain sesuai dengan jenis tempat cuci piring yang Anda pilih.
  3. Setelah itu, tuangkan adonan semen di lubang tempat untuk pemasangannya pada meja dapur. Anda bisa memasang tempat cuci piring pada lubang tersebut. Lalu, berikan adonan semen pada sekeliling sambungan tempat cuci piring dan meja.
  4. Cek sekali lagi hasil dari pemasangan tempat cuci piring. Apakah bagian pinggirnya masih terdapat celah atau tidak. Apabila terdapat celah yang tidak terdeteksi maka akan berpotensi untuk membuat air dari tempat cuci piring merembes keluar.
  5. Apabila Anda menemukan masih terdapat celah pada sela-sela pemasangan tempat cuci piring, maka sebaiknya Anda segera menambalnya kembali dengan memakai adonan semen. Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga tambalan tersebut mengering. Selanjutnya, Anda bisa melapisinya menggunakan sealant.
  6. Sealant sangat efektif untuk membantu mencegah terjadinya resiko rembesan karena air yang mengalir pada pori-pori meja dapur. Sealant dapat menahan rembesan air dengan baik. Anda bisa memberikan bahan ini agak banyak pada seluruh permukaan sambungan agar air tidak bisa merembes kemana-mana. Setelah itu, ratakan sampai rapi.
  7. Dibutuhkan waktu sekitar 3 x 24 jam sebelum tempat cuci piring siap untuk digunakan. Usahakan untuk sabar menunggu adonan semen serta sealant menjadi kering. Sebab, apabila Anda menggunakan tempat cuci piring tersebut terlalu cepat padahal semen dan sealant belum mengering dengan sempurna, maka tempat cuci piring akan mudah rusak.

Pemasangan tempat cuci piring memang harus dilakukan dengan benar. Karena pemasangan yang dilakukan dengan asal-asalan akan berimbas pada fungsi tempat cuci piring itu sendiri. Awalnya mungkin Anda tidak akan langsung merasakan adanya dampak buruk dari cara memasang tempat cuci piring yang salah. Akan tetapi, dalam jangka panjang akan muncul berbagai masalah karena tempat cuci piring menjadi kurang optimal.

Adapun fungsi perawatan tempat cuci piring yang efisien adalah dengan meletakkan water heater pada jarak yang mudah dijangkau. Apabila dibutuhkan reparasi pipa pun Anda tidak perlu kerepotan karena lokasinya yang terjangkau.

Perhatikan detail kran dan pipa pada saat pemasangan

Salah satu bagian penting dalam instalasi pipa water heater adalah bagaimana cara memperhatikan detail yang dibutuhkan pada rangkaian. Mulai dari fitting tee, sok drat serta sambungan pipa harus dipertimbangkan secara tepat dan akurat.

Demikian cara memasang tempat cuci piring yang benar semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mempercantik dapur modern Anda dalam waktu dekat.

Posted in Tips & Trik and tagged , .

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *