Cara membedakan septic tank penuh atau tersumbat

Ketika kita mendapati septic tank pada toilet bermasalah memang sangat menyebalkan. Karena bisa jadi masalah pada septic tank dapat menimbulkan masalah baru pada kebersihan dan kondisi toilet atau kamar mandi. Ada dua hal yang menjadi masalah pada toilet, yaitu septic tank penuh atau tersumbat.

Berbeda sebab permasalahan, tentu berbeda pula cara mengatasinya. Oleh karena itu, kita harus bisa mengetahui ciri ciri perbedaan apakah septic tank penuh atau tersumbat. Bagaimana cara membedakannya? Simak ciri cirinya sebagai berikut.

Sebenarnya tidak semua masalah yang terjadi pada septic tank harus diatasi oleh petugas sedot WC. Karena kita bisa mengatasi sendiri jika yang terjadi adalah WC mampet atau tersumbat. Untuk membedakan apakah septic tank penuh atau tersumbat, simak dengan teliti perbedaan yang terjadi.

 

Ketika Disiram Air

Ada dua kemungkinan yang terjadi ketika septic tank bermasalah, yaitu septic tank penuh atau tersumbat. Dan kita baru mengetahuinya saat selesai buang air besar yakni ketika menyiram air pada lubang kloset. Pada kemungkinan pertama adalah air yang disiram mengalir secara pelan, namun kotoran tidak juga kunjung turun dan menghilang.

Biasanya sampai menghabiskan banyak air atau bahkan harus nunggu dalam waktu yang lama untuk membersihkan lubang kloset, tetapi tetap mengalir pelan. Untuk situasi yang seperti ini merupakan ciri ciri dari septic tank yang mulai penuh. Bisa jadi disebabkan oleh benda benda padat yang dibuang melalui lubang WC, sehingga berakibat penumpukan kotoran yang tidak bisa diuraikan.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh sumber air yang keluar dari tanah, atau genangan air yang penuh akibat hujan terus menerus. Karena sebab tersebut, tanah serap pada septic tank tidak mudah menyerap air dan menimbulkan kondisi penampungan yang membludak. Jika sudah seperti ini, maka satu satunya solusi adalah memanggil petugas sedot septic tank agar kotorannya diambil dan kembali kosong.

Berbeda dengan kondisi septic tank yang penuh, septic tank yang tersumbat atau mampet tidak mengalami masalah seperti yang terjadi saat septic tank penuh. Ketika lubang WC disiram dengan air, kotoran dan air tidak mau mengalir turun, bahkan tetap diam di tempat dengan tenang.

Jika yang terjadi seperti ciri ciri di atas, maka dapat dipastikan bahwa septic tank sedang mengalami mampet atau tersumbat. Biasanya, untuk masalah ini disebabkan oleh kotoran padat yang dibuang di lubang WC hingga berkali hingga memenuhi lubang dan saluran air, sehingga air tidak bisa mengalir menuju ke penampungan.

Selain sebab di atas, masalah ini bisa juga disebabkan karena saluran air yang rusak. Kurang tepatnya memasang saluran air atau konstruksi septic tank dapat menyebabkan saluran WC tersumbat dan mampet.

Untuk mengatasi septic tank penuh atau tersumbat, kita bisa menangani sendiri dengan cara menggunakan alat yang dinamakan kop WC mampet. Selain itu juga bisa menggunakan bahan organik yang mungkin bisa membantu perkembangan bakteri pengurai agar menguraikan kotoran dan bisa melewati saluran yang terpenuhi oleh kotoran.

 

Ketika Diberi Bahan Organik

Bahan organik di sini berperan dalam penguraian kotoran dan limbah yang masuk ke dalam septic tank. Tanpa adanya bakteri pengurai, maka kotoran dan limbah akan menumpuk dan menyebabkan septic tank penuh atau tersumbat.

Saat septic tank mengalami masalah, misalkan airnya macet dan tidak bisa mengalir, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menuangkan bahan organik melalui lubang toilet.

Sebenarnya tujuan utama dari penuangan bahan organik ini adalah agar limbah penyebab macetnya saluran air bisa terurai dan salurannya kembali lancar seperti semula. Akan tetapi, ada dua kemungkinan yang ditimbulkan oleh bahan organik ini.

Kemungkinan pertama, apabila setelah beberapa lama septic tank berfungsi normal seperti semula, itu artinya, septic tank hanya tersumbat, sehingga ketika limbah sudah terurai airnya kembali mengalir dengan lancar.

Kemungkinan kedua, yaitu air tetap macet. Apabila ini yang terjadi, maka segera panggil tukang sedot WC untuk membersihkan septic tank karena telah penuh.

 

Itulah ciri-ciri septic tank penuh atau tersumbat. Agar WC tidak tersumbat, jangan buang benda padat ke dalam kloset serta pembuatan konstruksi septic tank yang benar. Jika Anda membutuhkan, kami juga melayani jasa pembuatan septic tank buis beton yang terjamin kualitas dan pemasangan dengan benar.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *