Cara mengatasi wc jongkok mampet

Cara mengatasi wc jongkok mampet terbukti berhasil

WC jongkok adalah salah satu tipe WC yang hingga saat ini lebih banyak dipakai masyarakat dari pada WC duduk. Pemilihan jenis WC ini disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain faktor keindahan, faktor luas toilet, faktor budget dan lainnya. Adakalanya WC yang setiap hari kita gunakan mengalami masalah yakni mampet dan tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara mengatasi WC jongkok mampet yang tepat dan cepat agar bisa kembali digunakan.

WC tersumbat atau mampet menjadi permasalahan yang cukup serius dan biasanya terjadi di waktu yang kurang tepat. Banyak hal yang bisa menyebabkan WC jongkok menjadi mampet. Contohnya karena membuang tisu dan pembalut di dalam lubang WC, mainan anak-anak yang tidak sengaja terjatuh didalamnya, dan juga berbagai alasan lain.

Cara mengatasi wc jongkok mampet

Cara mengatasi wc jongkok mampet

Setiap orang perlu memahami bagaimana cara mengatasi WC jongkok yang mampet secara mandiri agar saat terjadi masalah WC tersumbat, maka bisa segera ditangani sendiri. Untuk mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan saat Anda mengalami masalah WC jongkok yang mampet, Anda dapat membaca informasi dalam artikel berikut ini.

Berikut cara mengatasi wc jongkok yang mampet

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi WC jongkok mampet dengan cepat, sebaiknya Anda memindahkan berbagai barang yang ada di sekitar toilet terlebih dahulu supaya tidak mengganggu pekerjaan Anda dalam memperbaiki WC yang mampet. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet terlebih dahulu sebelum memulai memperbaiki kerusakan toilet.

Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Menyedot dengan menggunakan plunger

Plunger merupakan alat khusus yang dibuat sebagai penyedot WC yang tersumbat. Cara untuk memakai alat ini cukup mudah. Anda dapat membelinya di toserba (toko serba ada) maupun membelinya di online shop misalnya shopee, bukalapak, tokopedia ataupun lazada.

  1. Mengatasi WC tersumbat menggunakan gantungan baju

Jika rumah Anda memiliki gantungan baju yang berbahan kawat, maka Anda dapat memanfaatkannya sebagai cara mengatasi WC jongkok mampet. Langkahnya pun cukup mudah, yakni dengan memotong gantungan baju dari kawat tersebut lalu jadikan sebagai pengait untuk mengaitkan barang yang menyebabkan sumbatan pada toilet. Usahakan untuk menambahkan kain di ujung kawat lalu tali kain tersebut supaya ujung kawat tidak menggores atau merusak lapisan porselen WC.

  1. Mengatasi WC tersumbat tanpa menyedot

Terdapat beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah WC jongkok yang mampet. Anda dapat mencoba memanfaatkan produk pembersih sehari-hari serta sejumlah benda agar toilet yang tersumbat kembali lancar. Berikut cara yang bisa Anda lakukan :

  • Untuk sumbatan akibat kertas atau tisu

Tuangkan sabun cair untuk mencuci piring misalnya Sunlight pada lubang toilet, kemudian tuangkan air panas. Selanjutnya, diamkan terlebih dahulu sekitar 30 menit sambil menunggu waktu tersebut Anda dapat melakukan hal lain. Jika sudah 30 menit maka Anda dapat menyiramkan air biasa hingga aliran WC kembali lancar. Sabun cuci tersebut dapat membantu melonggarkan saluran serta mendorong sumbatan melalui bagian pipa berkelok ketika toilet disiram.

  • Untuk sumbatan yang diakibatkan oleh benda keras

Sumbatan akibat benda keras misalnya seperti mainan anak-anak bisa diatasi dengan memakai alat bantu antara lain pengait dari bahan kawat dan selang panjang. Kedua benda tersebut dapat dimasukkan pada pipa pembuangan untuk mengambil benda yang menyumbat toilet.

Usahakan untuk menarik benda keras yang menyebabkan penyumbatan. Jika Anda mendorongnya justru malah menjadikan benda tersebut jauh dari jangkauan. Selalu berhati-hati saat menggunakan pengait yang terbuat dari bahan kawat supaya tidak merusak atau menggores permukaan WC.

Jika masalah Anda bisa teratasi, Anda dapat memanfaatkan momentum ini sekaligus untuk membersihkan toilet, khususnya dari percikan air yang keluar melalui lubang toilet ketika Anda berusaha mengatasi masalah sumbatan tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan produk pembersih khusus untuk toilet agar noda di enamel toilet bisa bersih dan bebas dari bakteri.

  1. Mengatasi WC mampet menggunakan penyedot

Jika semua upaya diatas sudah Anda terapkan namun masih belum membuahkan hasil, kemungkinan penyebab terjadinya WC jongkok menjadi mampet adalah karena septic tank atau bak pembuangan kotoran sudah penuh. Gejala yang biasanya terjadi sebelum WC jongkok mampet dapat dilihat dari aliran air yang turun perlahan ketika disiram.

Jika terjadi masalah seperti ini maka Anda harus menguras septic tank atau bak pembuangan supaya WC jongkok Anda dapat berjalan dengan lancar seperti semula. Untuk menguras septic tank sebenarnya dapat Anda lakukan secara mandiri. Akan tetapi sangat tidak mungkin jika Anda membuang limbah di got atau selokan dekat rumah. Sebab hal tersebut dapat mencemari lingkungan sekitar Anda dan menimbulkan bau tak sedap.

Oleh sebab itu, Anda membutuhkan layanan jasa sedot WC untuk mengatasi septic tank yang penuh. Mencari jasa sedot WC cukup mudah di era serba canggih seperti sekarang ini. Anda bisa mencari informasi lewat internet atau pamflet yang biasanya ditempel di pohon atau tiang.

Namun yang perlu Anda ingat, tidak semua penyedia jasa sedot WC memberikan pelayanan yang memuaskan, bekerja profesional dan terpercaya. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin memanggil jasa sedot WC, usahakan untuk mencari jasa yang sudah benar-benar terpercaya hasil kerjanya.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara mengatasi WC jongkok mampet yang bisa Anda terapkan secara mandiri. Jika Anda sudah melakukan banyak upaya namun WC tak kunjung mengalir dengan lancar, maka ada baiknya untuk memanggil jasa sedot WC untuk menyelesaikan masalah Anda.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *