Lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak

Lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak

Lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak ?  Pipa udara berfungsi sebagai sistem ventilasi septic. Dengan demikian, tangki septik dapat mengeluarkan gas serta udara dari tangki saat terisi dengan limbah dari toilet. Sistem pelepasan ini memiliki fungsi yang sangat penting supaya tidak terjadi penyumbatan yang dapat merusak kinerja tangki secara keseluruhan.

Bagaimana jika tidak ada pipa udara? Kinerja sistem septik akan mengembalikan limbah ke toilet. Pastinya, penghuni rumah akan merasa tidak nyaman.  Pernyataan ini merupakan jawaban dari banyak orang yang bertanya lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak.  Septic tank terbuat dari batu bata atau beton yang ditempatkan di bawah tanah, yang umumnya ditanam di luar properti.

Lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak

Lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak

Septic tank terhubung ke pipa udara serta toilet yang terletak berdekatan.  Proses pembuangan bekerja dimana limbah masuk melalui pipa kemudian memasuki septic tank.  Proses ini memisahkan endapan yang berada di dasar tangki, sedangkan limbah air mengalir ke saluran pembuangan.

Peran pipa udara septic tank

Tangki yang kosong merupakan rongga besar yang berisi udara.  Tetapi saat limbah penuh, tangki yang tidak memiliki pipa udara tentu akan menjebak udara yang ada bersama dengan limbah. Saat septic tank terisi limbah dan air, udara yang ada harus dikeluarkan sehingga tidak terjadi tekanan yang dapat menghentikan aliran limbah sehingga limbah kembali naik ke toilet.

Untuk itulah, pipa udara dihubungkan ke bagian atas tangki sehingga udara dan gas limbah dapat keluar dengan bebas.

Proses pembuangan udara melalui lubang ventilasi

Karena septic tank beroperasi hanya dengan gravitasi, jumlah udara yang dibuang tergantung pada seberapa cepat tangki terisi atau mengering seiring waktu. Selama udara dapat mendorong keluar, aliran ke dalam tangki akan terus berlanjut tanpa adanya penyumbatan lainnya. Proses septic tank mengeluarkan limbah, aroma dari limbah keluar melalui ventilasi. Jika pipa udara berfungsi dengan baik,  proses pembuangan limbah.

Pipa udara dapat berfungsi sempurna apabila septic tank mendapatkan perawatan, paling tidak inspeksi menyeluruh setahun sekali.  Sedangkan untuk proses pembersihan septic tank, diperlukan waktu dua hingga lima tahun sekali, sesuai dengan penggunaan toilet dan jumlah orang yang menggunakannya. Penyedia jasa sedot WC biasanya dapat menentukan apakah tangki harus dikosongkan, atau sekedar dilakukan perawatan pembersihan.

Inspeksi berkala tidak perlu menunggu adanya aroma tidak sedap atau tanda-tanda septic tank penuh. Namun, pemilik hunian harus memastikan perawatan rutin meskipun ia merasa bahwa tidak ada masalah dalam septic tank.

Konsep kerja pipa udara septic tank

Sebelum menjawab lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak ? ketahui dulu kerja sistem pipa limbah serta pembuangan pada setiap hunian memiliki pipa ventilasi yang mengeluarkan gas selokan ke luar rumah. Selain mengurangi bau dalam ruangan, pipa ventilasi juga memungkinkan udara segar masuk ke dalam sistem. Proses ini membantu keseimbangan tekanan udara di dalam limbah atau pipa pembuangan. Tanpa tekanan udara yang seimbang, toilet tidak akan tersiram dengan lancar. Selain itu air di wastafel juga tidak akan mengalir dengan baik.

Konsep pipa ventilasi bekerja seperti sedotan. Jika Anda mendorong sedotan ke dalam segelas air lalu meletakkan jari Anda di atas sedotan dan mengangkat sedotan dari gelas, air tetap berada di dalam sedotan.

Jika Anda mencoba minum dari ujung bawah sedotan sementara jari Anda menutupi bagian atas, Anda tidak akan menikmati air dari sedotan. Melepaskan jari Anda akan “melepaskan” sedotan dan memungkinkan air serta udara mengalir kembali. Pipa pembuangan tanpa ventilasi seperti memegang jari Anda di atas sedotan dimana air tidak mengalir lancar di pipa tanpa aliran udara dalam sistem.

Endapan limbah di saluran pembuangan

Ciri yang paling mencolok serta paling parah dari septic tank yang terlalu penuh adalah kotoran yang masuk ke saluran pembuangan rumah.  Penghuni rumah biasanya dapat mendeteksi masalah ini saat melihat limbah menggenang pada pembuangan kamar mandi di rumah. Pasalnya, saluran pembuangan air memiliki tempat yang paling dekat dengan septic tank.

Endapan limbah merupakan masalah yang serius bagi penghuni rumah. Bakteri berbahaya terkandung dalam septic tank dimana hal ini dapat mengkontaminasi saluran air minum. Jangan coba-coba membersihkan sendiri, karena membersihkan saluran limbah perlu alat-alat khusus yang hanya dimiliki oleh jasa penyedot WC.

Perhatikan perubahan kondisi di sekitar septic tank

Siapapun senang jika tumbuhan terlihat lebih segar dan hijau, serta tumbuh lebih sehat dan berisi.  Hal ini mungkin wajar jika pemilik rumah memberikan waktu untuk merawat tanaman. Tetapi, bagi mereka yang tidak pernah memperhatikan asupan air dan pupuk untuk tanaman namun mendapati tanaman mereka lebih subur, mereka patut waspada.

Buangan limbah septic tank dapat menyuburkan rumput dan tanaman. Hal ini terjadi ketika air limbah telah membanjiri bidang drainase, namun belum mencapai permukaan. Air akan tertinggal di dalam tanah di bawah permukaan, yang akan menyuburkan rumput dan mempercepat pertumbuhan tanaman di sekitarnya.

Bidang drainase adalah tempat dimana limbah cair dilepaskan untuk menghilangkan kotoran di dalam tangki. Jika pembuangan menjadi lambat, maka akan ada genangan air di halaman, terutama di sekitar septic tank. Hal ini menandakan wadah drainase sudah terlalu penuh dan limbah mengapung ke permukaan.  Tangki yang terlalu penuh akan melepaskan lebih banyak cairan karena sudah tidak dapat lagi ditampung.

Lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak? Tentu Anda harus memilih pipa udara pada septic tank.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *