Closet atau wc sering mampet buntu ini alasannya

Closet atau WC sering mampet buntu? ini alasannya!

Closet atau WC sering mampet dan buntu? Ini alasannya ada banyak dan ini juga merupakan salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh setiap rumah tangga.  Diantara kebiasaan yang tidak kita sadari sering kali bisa menjadi pemicu penyebab WC menjadi mampet atau buntu.

Kejadian closet atau WC sering mampet dan buntu ini alasannya bisa karena banyak hal dan pastinya ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan karena bisa menghambat beragam aktifitas khususnya pada saat ingin menggunakan WC. Selain itu, akibat closet atau WC mampet dan buntu juga menyebabkan bau yang sangat tidak sedap kedalam seisi rumah akibat dari bau kotoran di septic tank yang tersumbat.

Closet atau wc sering mampet buntu ini alasannya

Closet atau wc sering mampet buntu ini alasannya

Ini alasan closet atau WC sering mampet dan buntu

Bau yang dihasilkan dari WC yang mampet karena aliran air dari WC tidak dapat mengalir dengan seharusnya sehingga mengendap diluar lubang WC tersebut. Jika sudah terjadi hal demikian pastinya yang ada dipikiran adalah ingin mengganti pipa septic tank dengan pipa yang baru bukan?

Namun sebelum mengganti pipa atau memperbaiki kondisi mampet tersebut lebih baik kenali dulu apa saja yang menyebabkan closet atau WC sering mampet dan buntu, sebagai berikut:

Closet atau wc sering mampet buntu ini alasannya

Closet atau wc sering mampet buntu ini alasannya

  1. Tidak adanya pembuangan gas pada septic tank

Pada saat pembuatan septic tank, disarankan harus ada tempat pembuangan gas. Karena jika tidak hal tersebut bisa menjadi penyebab dari closet atau WC sering mampet. Jika demikian tak usah heran jika closet atau WC menjadi lebih sering mampet dan buntu karena tidak adanya tempat pembuangan gas pada tempat pembuangan kontoran di septic tank.  Tempat pembuangan gas di sini yaitu pipa udara atau pipa angin – angin pada septic tank

  1. Ada benda asing yang masuk memenuhi lubang WC

Benda asing yang sering sengaja atau tidak sengaja terbuang di lubang saluran air septic tank akan menjadi penyebab utama. Benda asing tersebut seperti contohnya plastik-plastik ukuran kecil, bekas bungkus shampoo, bekas pembalut, bahkan rambut rontok yang terkumpul. Dari beberapa contoh benda asing tersebut pastinya tidak akan bisa larut didalam air, dengan demikian akan mengendap dan menyebabkan WC menjadi mampet dan tersumbat.

  1. Pipa PVC yang digunakan terlalu kecil

Masalah yang ke tiga adalah karena penggunaan pipa yang kecil. Penggunaan pipa juga berpengaruh besar terhadap kelancaran aliran air dari septic tank,sebab melalui pipa tersebut akan mengalirkan berbagai macam kotoran yang masuk kedalam closet baik dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Jika pipa yang digunakan terlalu kecil maka akan bisa menjadi penyebab closet menjadi mudah tersumbat karena kotoran yang mengalir tidak dapat mengalir secara maksimal.

Jadi jangan heran jika anda menggunakan pipa PVC yang berukuran kecil maka akan sering mengalami jika kemampetan.

  1. Adanya penyumbatan pada leher pipa

Selanjutnya karena penyumbatan yang terjadi pada leher pipa. Pada umumnya penyumbatan yang terjadi pada leher pipa tersebut akibat adanya benda asing yang masuk kedalam pipa namun tidak bisa dihancurkan.

  1. Instalasi saluran yang salah

Faktor instalasi saluran juga bisa mengakibatkan WC sering mampet. Hal ini terjadi karena tukang yang memasang instalasi saluran pipa dari closet menuju septic tank kurang teliti dalam pengerjaanya. Dalam pemasangan instalasi saluran harus memperhatikan kemiringan pipa dari closet menuju septic tank dan juga tidak perlu mengunakan banyak belokan pada saluran. Kalo penyebab closet atau wc mampet di karenakan alasan berikut tidak ada solusi lain Anda harus menganti atau membuat saluran baru.

Nah itulah beberapa alasan closet sering mampet dan buntu yang mungkin saja terjadi. Jika sudah terlanjur terlihat seperti tersumbat jangan siram closet dengan air terus menerus karena hanya akan meluap bukannya membaik.

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami closet atau WC mampet dan buntu lebih baik menghindari kebiasaan membuat benda asing sekecil apapun kedalam septic tank karena meskipun sehelai rambut sekalipun namun jika lama kelamaan bertambah volumenya maka juga akan menyumbat saluran pembuangan kotoran pada septic tank.

Posted in Tips & Trik and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *