Instalasi pemasangan pipa closet yang benar

Instalasi pemasangan pipa closet yang benar

Pemasangan pipa closet yang benar tentu wajib dilakukan oleh setiap orang di rumahnya. Dengan proses pemasangan yang tepat, Anda tentu akan lebih mudah terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kloset yang penuh, closet mampet, dan lain sebagainya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda mengetahui seperti apa langkah instalasi pemasangan pipa closet yang benar berikut.

Instalasi pemasangan pipa closet yang benar

Instalasi pemasangan pipa closet yang benar

Seperti apa langkah instalasi pemasangan pipa closet yang benar?

Perlu Anda ketahui bahwa dengan melakukan pemasangan pipa closet yang benar, maka Anda dapat menerapkan sistem pembuangan limbah rumah tangga dengan baik. Adapun saat melakukan pemasangan tersebut perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti kemiringan pipa itu sendiri, kekuatan tangki, sampai ketinggian kloset terhadap septic tank.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda melakukan pemasangan tanki septic tank sesuai dengan regulasi yang ada. Dengan begitu, Anda juga dapat menikmati sumber air untuk kehidupan sehari-hari dengan lebih jernih dan berkualitas tanpa dipengaruhi oleh limbah rumah tangga di rumah.

Di bawah ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan instalasi pemasangan pipa closet yang benar.

  1. Pastikan kemiringan pipa dipasang dengan tepat

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan betul posisi kemiringan pipa. Mengapa hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan? Hal ini tak lain karena kemiringan pipa dapat memberikan pengaruh terhadap lancarnya aliran feses kloset menuju bak penampungan kotoran.

Untuk itu, ada baiknya Anda menyerahkan proses penginstalasian pipa ini kepada jasa yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Dengan begitu, kemiringan pipa pun dapat diatur dan dipasang dengan tepat sesuai kebutuhannya. Adapun ketentuan agar aliran feses kloset dapat mengalir dengan lancar, maka setidaknya kemiringan pipa dilakukan minimal 2%. Hal ini berarti setiap 100 cm memiliki perbedaan tinggi sekitar 2 cm.

  1. Menggunakan pipa saluran yang tepat

Satu lagi tips yang sangat penting untuk diperhatikan agar mendapatkan pipa untuk aliran closet yang benar dan lancar yakni menggunakan pipa saluran yang tepat. Hal ini berarti pipa saluran perlu memiliki ukuran yang sesuai yakni minimal 4 dim. Namun, jika dirumah Anda tersedia banyak toilet maka akan lebih baik memiliki ukuran pipa dengan diameter yang lebih besar.

  1. Pemasangan pipa tidak menggunakan belokan

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemasangan pipa tanpa menggunakan belokan. Mengapa hal tersebut terbilang sangat penting? Pasalnya, pemasangan pipa dengan cara tersebut dapat mengakibatkan mampetnya aliran feses. Untuk itu, ada baiknya pemasangan pipa saluran closet dilakukan tanpa menggunakan belokan agar feses dapat mengalir dengan lebih mudah dan terhindar dari closet yang mampet.

  1. Sambungkan memakai bak pee

Apabila Anda memiliki dua saluran yang ingin saling terhubung, maka proses pemasangan yang tepat adalah dengan menyambungkan bak pertama menuju bak kedua memakai sambungan pee. Hal ini dimaksudkan agar bak pertama hanya digunakan untuk limbah cair saja kemudian bak kedua dapat berupa feses. Dengan begitu, fungsi resapan akan berfungsi dengan lebih baik.

  1. Pastikan kapasitas tangki sesuai kebutuhan

Apabila rumah Anda memiliki penghuni yang tidak terlalu banyak, contohnya 4 orang saja. Maka ada baiknya untuk membuat septic tank dengan ukuran sebagai berikut 1,5 m X 1,5 m x 2 m. Kemudian, bak resapan dapat Anda buat dengan patokan ukuran 1 m x 1 m x 2 m. Lalu bagaimana jika penghuni rumah jauh lebih banyak?

Apabila di rumah Anda memiliki banyak penghuninya, maka ada baiknya gunakan patokan ukuran yang semakin besar sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pastikan tangki kedap air dan kuat

Pipa yang sudah dipasangi nantinya tentu akan terhubung dengan tanki. Dalam hal ini sendiri sangat penting bagi Anda untuk memilih tangki dengan karakteristik kedap air dan kuat. Dengan begitu, tanki yang digunakan sebagai penampungan limbah pun tidak akan mencemari lingkungan sekitarnya.

  1. Gunakan pipa udara

Satu hal lagi saat melakukan instalasi pemasangan pipa closet yang benar adalah dengan turut memasang pipa udara pada tangki. Pipa kloset tersebut nantinya akan mengalirkan limbah menuju tanki yang sudah dipersiapkan. Nah, di dalam tangki tersebutlah sangat diperlukan pemasangan pipa udara.

Pasalnya, jika gas limbah yang ada di dalam tangki tidak dapat keluar maka bisa saja limbah yang lain tidak dapat masuk akibat tekanan dari gas itu sendiri dari dalam. Hal tersebut jika dibiarkan juga dapat menyebabkan septic tank menjadi penuh padahal yang terjadi sebenarnya adalah tidak.

  1. Perhatikan pula ketinggian kloset terhadap septic tank

Ketinggian kloset terhadap septic tank dapat mempengaruhi dorongan air yang nantinya dapat mengalir dari pipa menuju tangki atau septic tank. Jika Anda tidak memperhatikan ketinggian kloset dengan baik maka tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan kelancaran pipa saluran antara kloset dengan septic tank menjadi terhambat.

Untuk itu, pastikan jarak antara kloset dengan septic tank semakin tinggi agar dorongan aliran yang dihasilkan pun semakin baik.

Berbagai tips mengenai instalasi pemasangan pipa closet yang benar di atas tentu harus Anda perhatikan dengan baik. Sebagai rekomendasi, agar Anda dapat memasang pipa kloset menuju septic tank dengan tepat dan mendapakan hasil yang berkualitas maka gunakan saja jasa pasang pipa closet yang sudah terpercaya dan ahli di bidangnya. Dengan begitu, Anda tentu akan terhindar dari kesalahan-kesalahan fatal saat melakukan pemasangan.

Posted in Tips & Trik and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *