Mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi

Mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi

Kamar mandi merupakan bagian yang penting bagi sebuah rumah atau bangunan. Hal ini menjadikan kebersihan kamar mandi harus selalu diperhatikan agar kamar mandi terasa nyaman dan terjaga kebersihannya. Namun tak bisa dipungkiri, terkadang kamar mandi memunculkan bau yang tidak sedap karena berbagai penyebab. Supaya bau tidak sedap tersebut bisa hilang, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi.

Mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi

Mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi

Cara menghilangkan bau tidak sedap didalam kamar mandi

Bau tidak sedap di kamar mandi memang sering membuat tidak nyaman. Biasanya masalah bau tidak sedap tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti saluran air yang tidak dibersihkan, aroma kain yang lama direndam, kloset yang tidak diguyur secara sempurna dan lain sebagainya. Selain rutin membersihkan kamar mandi, terdapat beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi.

Berikut beberapa cara tersebut :

  1. Ventilasi

Cara mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi bisa Anda lakukan dengan memasang ventilasi yang cukup di kamar mandi. Apabila terdapat jendela kecil yang dapat dibuka, sebaiknya jendela tersebut dibuka secara rutin. Tujuannya supaya udara segar dari luar bisa masuk ke kamar mandi. Selain itu, saat sirkulasi udara di kamar mandi tidak lancar dan tidak sehat maka bisa memicu munculnya bau tidak sedap dan kamar mandi menjadi semakin lembap.

  1. Memakai pewangi ruangan

Untuk mengatasi masalah bau tidak sedap di kamar mandi, sebaiknya gunakan pewangi ruangan yang di pasang di dalam kamar mandi. Hindari memakai pewangi dengan bau yang menyengat, tetapi pilih pewangi ruangan dengan aroma alami yang menyegarkan.

  1. Membersihkan kamar mandi secara teratur

Jangan lupa untuk membersihkan kamar mandi secara teratur agar tidak mudah muncul bau tidak sedap. Bersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali dan untuk pembersihkan menyeluruh minimal satu bulan sekali.

  1. Gunakan baking soda

Jika muncul bau tidak sedap dari kamar mandi yang berasal dari lubang WC atau closet, sebaiknya Anda menggunakan baking soda yang dicampur dengan air. Caranya, tuangkan air ke dalam WC atau closet lalu masukkan secangkir baking soda ke dalamnya. Kemudian tutup dudukan closet atau toilet dan diamkan hingga satu jam. Siram WC atau closet menggunakan air bersih.

  1. Menjaga kamar mandi tetap kering

Perlu Anda ketahui bahwa kamar mandi yang lembap bisa memicu munculnya bau tidak sedap. Agar masalah tersebut tidak muncul, sebaiknya Anda harus menjaga kamar mandi tetap kering dengan membiarkan pintu kamar mandi terbuka dan lap shower. Cara ini akan membuat dinding kamar mandi tetap kering serta udara segar dari luar bisa masuk.

  1. Kopi

Cara mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi bisa dilakukan dengan memakai kopi. Caranya, tuangkan ampas kopi ke lubang WC maupun sekitarnya karena bahan ini dipercaya mampu menyerap bau tidak sedap di dalam kamar mandi. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan kopi bubuk ke dalam kain kemudian gantungkan dalam kamar mandi.

  1. Cuka

Kebiasaan merokok di dalam kamar mandi bisa memicu munculnya bau tidak sedap. Untuk mengatasinya, Anda bisa meneteskan cuka ke handuk lalu kibas-kibaskan dalam kamar mandi. Cara ini akan membantu mengurangi bau asap rokok di dalam kamar mandi.

Beberapa cara mengatasi bau tidak sedap di kamar mandiĀ  di atas bisa Anda terapkan dengan mudah. Selain itu, cara-cara tersebut menggunakan bahan yang gampang diperoleh sehingga Anda bisa mempraktikkan dengan segera. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan cara mengatasi bau tak sedap di kamar mandi secara rutin dengan memadukan beberapa cara seperti di atas.

Posted in Tips & Trik and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *