Penyebab wastafel sering mampet, buntu ini penyebabnya!

Penyebab wastafel sering mampet, buntu ini penyebabnya!

Setiap rumah memiliki wastafel untuk tempat mencuci piring atau peralatan memasak lainnya. Wastafel tidak selamanya bersih, melainkan bisa kotor, mampet bahkan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Jika wastafel sudah seperti itu, artinya Anda harus segera membersihkannya. Wastafel tidak dapat mampet begitu saja namun ada penyebab wastafel sering mampet dan buntu. Di bawah ini kami sebutkan penyebab – penyebabnya.

Penyebab wastafel sering mampet buntu ini penyebabnya

Penyebab wastafel sering mampet buntu ini penyebabnya

Apa saja penyebab wastafel sering mampet, buntu

Pasti Anda penasaran sebenarnya apa sih penyebab wastafel sering mampet, buntu mungkin bisa dari berbagai faktor. Nah faktor-faktor tersebut sering Anda lakukan, namun Anda tidak mengetahui kalau menyebabkan wastafel mampet. Dapat dilihat berikut ini:

  1. Serangga

Wastafel biasa digunakan untuk mencuci piring atau peralatan kotor. Oleh sebab itu, wastafel digunakan sarang beberapa hewan untuk mencari makan. Hewan yang biasa bermain di wastafel yaitu serangga laba-laba dan kecoa. Ternyata serangga bisa menyembabkan wastafel mampet.

Serangga yang telah membuat sarang pada saluran pipa akan mempercepat penyumbatan. Mereka akan bertelur  di saluran pipa, kemudian telur serangga disiram dan menuju ke dasar pipa. Sampai di dasar pipa, telur serangga tidak bisa keluar sehingga menyebabkan saluran air buntu. Selain buntu, hal tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit gangguan pencernaan, hepatitits A, dan diare.

  1. Bulu hewan peliharaan

Bagi Anda yang mempunya hewan peliharaan maka, bisa saja wastafel mampet dapat disebabkan oleh masuknya rambut peliharaan disaat memandikannya. Bulu hewan seperti kucing, anjing, atau hewan berbulu lainnya dapat menyumbat pipa wastafel. Meskipun bulunya halus, tetapi memiliki sifat mengapung yang mudah menempel pada saluran pembuangan air. Akhirnya dapat menyebabkan gumpalan yang akan menghalangi jalannya air.

 

  1. Sisa bahan makanan

Adanya bahan makanan yang masuk ke dalam wastafel dapat menjadi penyebab wastafel mampet dan buntu. Setiap mencuci piring, orang merasa malas untuk menghindari kebiasaan membiarkan sisa bahan makanan masuk ke dalam saluran pembuangan air wastafel. Padahal makanan sisa seperti nasi, daging, sayuran berserat, tulang serta lainnya dapat menyebabkan wastafel tersebut tersumbat atau mampet. Apabila terjadi penumpukan yang parah maka, Anda terpaksa harus membongkar wastafel untuk perbaikan.

 

  1. Sisa minyak goreng

Ternyata selama ini, Anda tidak mengetahui bahwa minyak goreng dapat membuat wastafel sering mampet. Padahal setiap hari, Anda membuang sisa minyak goreng seenaknya di lubang wastafel. Mulai hari ini, sebaiknya hindari membuat minyak ke wastafel. Walaupun minyak berupa cairan, tetapi dapat memicu terjadinya bongkahan lemak pada saluran pipa. Bongkahan lemak semakin lama membesar dan terasa lengket.

Jika cuaca dingin, bongkahan lemak dari sisa minyak goreng dapat beku dan menyebabkan penyumbatan.

  1. Tidak menggunakan pipa berkualitas

Menggunakan pipa tidak berkualitas. Biasanya pipa yang memiliki kualitas rendah terbuat dari bahan plastik. Perlu diketahui bahwa bahan plastik tidak tahan terhadap suhu dingin maupun panas. Oleh karena itu, Anda wajib menggunakan pipa berkualitas tinggi. Salah satunya yaitu pipa yang terbuat dari bahan resin murni. Bahan tersebut telah terbukti tahan dengan suhu dingin dan panas. Sehingga saluran wastafel kuat serta tidak mengalami mampet.

Nah itulah penyebab wastafel sering mampet, buntu. Untuk menghindari wastafel sering mampet, sebaiknya Anda membersihkan wastafel secara teratur. Proses pembersihan bisa membuat wastafel tetap bersih dan jarang tersumbat.

Posted in Tips & Trik and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *