Tips dan cara membuat septic tank yang benar dan aman bagi lingkungan

Septic tank adalah bagian yang sangat penting untuk pembuangan limbah yang kotor dari rumah tangga. Setiap orang tentu menginginkan rumah yang sehat dan memiliki fasilitas untuk pembuangan limbah yang aman dan benar sesuai standar kesehatan. Untuk itu kami akan memberikan beberapa cara membuat septic tank yang benar dan aman bagi lingkungan.

Septic tank sebenarnya adalah bak penampungan limbah-limbah dari kloset. Yang biasanya letaknya ada di belakang rumah., atau dimanapun tempat yang dirasa sangat aman. Septic tank sendiri berfungsi supaya mencegah bau dan segala permasalahan yang menjadikan lingkungan menjadi kotor. Oleh karena itu diperlukan cara membuat septic tank yang benar.

Macam-macam Septic Tank

Septic tank terdiri dari beberapa macam, untuk yang aman kami anjurkan septic tank tertutup dan terbuka. Septic tank tertutup memiliki ciri-ciri dimana semua bagian atasnya ditutup menggunakan cor beton sedangkan lantainya dilapisi adukan semen, kecuali pada bagian peresapan saja. Septic tank tertutup dapat digunakan pada lokasi rumah yang sempit.

Pada septic tank terbuka umumnya pada bagian atasnya dibuat untuk ruang resapan atau limbah cair, yang kemudian tidak perlu ditutup dan akan dibiarkan terbuka kecuali jika limbahnya padat. Septic tank terbuka rata-rata dipakai di desa-desa yang memiliki lokasi tanah yang luas di sekitar huniannya. Selanjutnya perhatikan cara membuat septic tank yang benar.

 

Tips dan Cara Membuat Septic Tank Yang Benar dan Aman Bagi Lingkungan

Setelah anda mengetahui jenis-jenis septic tank seperti di atas. Saatnya anda mengetahui beberapa tips dari kami tentang cara membuat septic tank yang benar dan aman bagi lingkungan sekitar tempat tinggal. Gunanya, supaya septic tank aman, tidak cepat penuh hingga mencemari lingkungan sekitar tempat tinggal anda.

 

Langkah Membuat Septic Tank Dengan Benar

  1. Buatlah septic tank dengan ukuran yang cukup dengan memperkirakan kapasitas penghuni di dalam rumah. Jika penghuni rumah banyak, maka septic tank juga harus besar. Namun jika terbatas lahan, solusinya dapat membuat 2 septic tank dengan lokasi yang berbeda.
  2. Ukuran pipa toilet haruslah besar sekitar 4 inchi, sebaiknya tidak memilih closet yang bayak belokan atau elbow supaya proses pembuangan dapat mengalir secara lancar tanpa hambatan.
  3. Cara membuat septic tank yang benar, pipa pembuangan yang paling baik dengan kemiringan yang cukup, supaya kotoran mengalir dengan lancar dalam septic tank saat didorong oleh siraman air.
  4. Supaya tidak meledak, sebaiknya tersedia lubang udara dan seluruh pembuangan air akan melimpah pada ruang resapan yang ada di dalam septic tank. Sehingga, cairan atau resapan air yang penuh bisa mengalir keluar untuk memperkecil adanya tekanan udara yang tersumbat
  5. Buat sebuah lubang tanah galian sedalam 1,5 m, dengan lebarnya 1,3 m, dan panjang sekitar 2,2 m.
  6. Tanah galian sebaiknya di buang si sekitar lubang atau dibuang di tempat lain.
  7. Galian haruslah tegak lurus, untuk memudahkan dalam pemasangan batu bata.
  8. Siapkan ember plastik untuk pembuangan air di dasar galian, biasanya air lebih banyak keluar jika areanya di sekitar mata air.
  9. Setelah menyelesaikan bidang galian dengan cepat siapkan batu bata sebagai dinding untuk mengantisipasi air yang kemungkinan semakin penuh.
  10. Cara membuat septic tank yang benar , pemasangan batu bata di septic tank harus sama seperti pemasangan dinding rumah.
  11. Pasang bagian dasarnya dengan batu bata dengan alas nat adukan pasir dan semen.
  12. Pemasangan selanjutnya adalah sama seperti memasang dinding rumah. Besar ukurannya 2,2 m yang dibagi dua bagian, sehingga terdapat penyekat. Ruangan pertama difungsikan tempat limbah padat tertampung dan ruang kedua difungsikan tempat cairan limbah. Pada tengah penyekat, dibuat lubang resapan.
  13. Jika proses memasang batubata sudah selesai, sisakan 12 cm yang akan dilapisi cor beton dari permukaan tanahnya.
  14. Siapkan 8 mm besi behel 5 batang, dan potong seukuran dengan panjang dan lebar septic tank. Susunlah berjarak 10 cm dan diikat kawat.
  15. Siapkan sebuah papan yang terletak di atas bata yang telang dipasang, letakkan besi tadi dan tutup di sisi luar papan dengan tebal 10 cm.
  16. Lakukan pengecoran dengan perbandingan semen (1) : pasir (2) dan koral (3). Ketebalan pengecoran maksimal 10 cm.
  17. Berilah sebuah lubang di atas ruang atau tempat limbah cair dan pasang pipa PVC sebagai tutupnya.
  18. Sambungkan semua pipa ke pembuangan tempat atau ruang untuk limbah padat pada saluran closet menuju septic tank.
  19. Timbun dengan tanah dan usahakan letak kloset anda lebih tinggi di tas septic tank supaya limbah dapat mudah untuk masuk ke tangki septic.

Langkah-langkah di atas untuk memudahkan anda membuat septic tank dengan benar.  Sebaiknya anda terapkan cara membuat septic tank yang benar dan aman bagi lingkungan sekitar tempat tinggal seperti contoh di atas.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *