Apa penyebab bau dari tangki septic tank

Pernahkah anda merasakan bau yang sangat tidak nyaman yang berasal dari saluran pembuangan atau dari arah septic tank? Munculnya bau dari septic tank ini merupakan tanda bahwa telah terjadi malfungsi pada septic tank berikut kami sebutkan penyebab apa saja yang membuat munculnya bau dari bak septic tank

Penyebab munculnya bau dari bak septic tank

  1. Bak septic tank penuh

Secara umum penyebab munculnya bau dari septic tank adalah karena tangki septic tank yang sudah mulai penuh Pemeriksaan septic tank secara berkala sebenarnya wajib dilakukan demi kebaikan penghuni rumah. Hal ini diperlukan untuk mengetahui tingkat isi septic tank. Jika septic tank sudah mulai terlihat akan penuh dan mulai memasuki musim penghujan, ada baiknya septic tank dikosongi terlebih dahulu. Jika keadaan ini dibiarkan, maka septic tank akan penuh dan keluar bau tidak sedap. Yang pasti, volume yang terlalu tinggi dapat menjadi penyebab munculnya bau pada septic tank.

Untuk menangulangi munculnya bau dari bak septic tank yang di sebabkan oleh septic tank penuh adalah melakukan pengurasan isi septic tank, pengurasan harus dilakukan secara berkala terutama ketika masuk musim hujan. Seperti yang diketahui, septic tank jenis konvensional umumnya tidak menggunakan lapisan penutup pada bagian bawah, kondisi inilah yang dapat memicu air tanah masuk dalam septic tank dan menambah volume air.

 

  1. Ada bagian septic tank yang rusak

Dalam sebuah rangkaian septic tank, terdapat komponen-komponen tertentu sebagai penyusun septic tank, misalnya pipa pembuangan. Jika ada salah satu komponen penyusun yang rusak, maka secara otomatis akan menjadi penyebab munculnya bau pada septic tank. Untuk mencegah hal ini terjadi, pemeriksaan memang sangat diperlukan, bisa jadi pada saluran pembuangan sudah mulai aus sehingga terjadi kebocoran, satu-satunya solusi yaitu dengan mengganti saluran pembuangan lama dengan saluran pembuangan yang baru, kemungkinan lain yang menyebabkan bau tidak sedap muncul dari bak septic tank adalah terjadi retakan atau kerusakan pada dinding septic tank

Kesimpulannya adalah setiap septic tank yang mengalami bau tidak boleh diabaikan, anda harus mengechek dan langsung mengatasi masalah seperti ini. Jika bau pada septic tank diabaikan ini dapat merusak juga kesehatan lingkungan sekitar terutama keluarga anda.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *