Cara mengatasi bak mandi keramik bocor

Cara mengatasi bak mandi keramik bocor

Anda sedang kebingungan dengan cara mengatasi bak mandi keramik bocor ? Bak mandi yang bocor adalah masalah yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kebocoran akan membuat penggunaan air meningkat, pada akhirnya tagihan air juga akan membengkak. Selain itu kebocoran juga akan membuat kamar mandi selalu tergenang air nantinya membuat Anda tidak nyaman pada saat berada di dalam kamar mandi.

Cara mengatasi bak mandi keramik bocor

Cara mengatasi bak mandi keramik bocor

Bak mandi keramik bocor dapat diatasi dengan mudah, bisa Anda lakukan sendiri. Dengan cacatan Anda sudah mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang di gunakan. Untuk langkah-langkahnya sendiri dapat disimak dalam poin-poin di bawah ini.

  1. Alat dan bahan yang digunakan

Pertama – tama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Sebenarnya alat dan bahan yang digunakan untuk menambal bak mandi bocor tidak terlalu susah untuk di dapatkan. Anda perlu meyiapkan lem epoksi resin, lem epoksi pengeras, dan kuas aplikator. Jangan lupa juga siapkan perlatan tambahan seperti kain lap untuk membersihkan permukaan keramik, serta pisau cutter untuk membongkar nat keramik.

  1. Cari titik bocor

Setelah alat dan bahan telah disiapkan, selanjutnya carilah titik bocor pada bak mandi keramik Anda. langkah ini harus dilakukan agar tambalan benar – benar pas pada titik bocor, jika tambalan presisi, maka kebocoran pun tidak akan terjadi lagi.

Untuk mengetahui titik bocor, Anda harus teliti. Perhatikan dengan seksama permukaan bak mandi. Biasanya titik bocor akan terlihat seperti retakan. Agar lebih pasti, raba seluruh permukaan bak mandi. Bagian yang bocor akan terasa kasar dan bercelah. Setelah titik kebocoran diketahui, segera beri tanda dengan spidol atau lakban.

  1. Bersihkan bak mandi

Supaya tambalan yang Anda lakukan kuat dan bertahan lama, permukaan bak mandi harus bebas dari kotoran terlebih dahulu. Permukaan bak mandi yang bersih dari kotoran dan kering akan membantu lapisan tambalan menempel dengan sempurna.

Pastikan tidak ada kerak, lumut atau lapisan minyak pada bak mandi. Anda bisa menggunakan zat pembersih tambahan seperti karbol agar kotoran pada permukaan bak terangkat dengan sempurna. Tak lupa usahakan juga untuk mengeringkan permukaan bak setelah membersihkannya supaya memudahkan proses penambalan. Jadi setelah bak mandi bersih keringkan dengan menggunakan lap.

  1. Bongkar nat keramik

Setelah permukaan bak mandi kering langkah selanjutnya untuk mengatasi bak mandi keramik bocor, yaitu membongkar nat keramik terlebih dahulu, Nat adalah semen instan yang digunakan untuk mengisi celah antar keramik. Terkadang, nat yang retak menjadi penyebab kebocoran pada bak mandi keramik. Nah, untuk mengatasinya maka nat keramik harus dibongkar. Tidak perlu seluruh nat dibongkar, cukup di area yang menjadi titik kebocoran saja. Gunakan pisau cutter untuk mengangkat nat. Korek nat yang tersisa hingga celah antar keramik terlihat.

  1. Tambal titik bocor

Sekarang masuk dalam tahap penambalan. Untuk mengisi lubang yang menjadi penyebab kebocoran, gunakan campuran lem epoksi pengeras dan lem epoksi resin. Campur kedua bahan dengan perbandingan 1 banding 1 hingga merata. Aplikasikan campuran tersebut pada celah yang sudah terbuka dengan menggunakan kuas atau cetok.

Perlu diingat, campuran lem epoksi cepat mengering. Sebaiknya, segera lakukan penambalan setelah Anda mencampurkan epoksi pengeras dan resin. Lewat dari satu jam, lem epoksi akan mengering dan efektivitasnya menurun.

  1. Selesaikan dengan pelapis anti bocor

Langkah terakir adalah menambahkan lapisan anti bocor untuk mencegah agar kebocoran tidak terjadi lagi. Lapisan tersebut diaplikasikan pada permukaan yang selesai ditambal.

Pilih bahan pelapis anti bocor waterproof yang memiliki kualitas bagus, misalnya AM 100 Flexible Cementitious Waterproofing. Pelapis anti bocor berbahan dasar semen ini diperkuat dengan Polymeric Binder™ berdaya rekat kuat dan fleksibel, sehingga mampu mencegah kebocoran.

Point yang paling penting dalam mengatasi bak mandi keramik bocor adalah terletak pada bahan yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan bahan yang berkualitas, yang sudah terbukti bisa mengatasi kebocoran. Anda bisa bertanya langsung ke toko bangunan atau tukang yang sudah pernah menggunakan produk sejenis, supaya Anda mendapatkan produk anti bocor terbaik. Semoga informasi tentang cara menambal bak mandi keramik bocor ini dapat membantu Anda

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *