Membuat tutup clean out septic tank

Cara membuat tutup clean out septic tank

Membuat tutup clean out septic tank tentu tidak dapat dilakukan sendiri.  Hal ini karena penutup tangki septik merupakan bagian yang sangat penting dari sistem penampungan semua limbah rumah tangga. Terlebih, septic tank juga menguraikannya. Sistem septik yang berfungsi dengan baik memastikan lingkungan hidup yang bersih. Peran penutup yang berkualitas berpengaruh pada keseluruhan kinerja dari septic tank tersebut.

Merawat tangki septik memiliki tahapan-tahapan. Pertama adalah memeriksanya secara teratur. Kedua adalah memastikannya berfungsi dengan baik. Tangki septik yang tidak berfungsi memang dapat menjadi malapetaka. Tentu, hal ini tergantung pada tingkat kerusakannya.  Perawatan dan pemeliharaan rutin dapat mengurangi kans kerusakan sistem pada tangki septik. Menggunakan penutup sistem septik dengan benar juga sangat membantu menjaga sistem tangki septik tetap sehat.

Membuat tutup clean out septic tank sendiri memang tidak memungkinkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dalam hal konstruksi. Tutup septic tank yang  tidak ada atau rusak dapat mengundang banyak masalah. Masalah yang paling sering terjadi adalah objek eksternal yang masuk ke dalam sistem pembuangan, sehingga mengganggu lingkungan anaerobik sistem.

Membuat tutup clean out septic tank

Membuat tutup clean out septic tank

Mempertahankan lingkungan anaerobic yaitu kondisi tidak ada oksigen, sangat penting untuk dekomposisi limbah yang tepat. Penutup septik merupakan salah satu sarana penting dalam penggunaan sistem pengelolaan limbah.  Sebenarnya, ada beberapa fungsi penutup tangki septic lainnya yang sangat penting. Fungsi tersebut adalah:

  1. Penutup tangki septik menghilangkan aroma tidak sedap dari limbah.
  2. Tutup clean out septic tank dapat menambah unsur estetika.
  3. Mencegah air hujan supaya tidak meresap ke dalam sistem septic tank
Syarat membuat tutup lubang avur septic tank

Tutup clean out septic tank harus kokoh dan tahan lama, terutama jika tangki septik berada di lokasi dengan lalu lintas manusia  yang tinggi atau banyak  kendaraan yang berat. Jika tutup clean out septik kuat, maka sistem septik secara keseluruhan tidak akan jebol.

Tutup clean out septic tank yang berkualitas baik pasti memberikan unsur fleksibilitas tinggi sehingga memungkinkan perawatan yang lebih mudah. Perawatan ini adalah dengan melakukan pemeriksaan berkala secara mudah.

Tutup clean out septic tank memang memiliki varian warna dan tekstur berbeda. Bahan-bahannya pun juga berbeda. Disinilah faktor terbesar dalam kekuatan cover septic tank yang tentu berpengaruh dengan harga penutup.  Tutup clean out septic tank umumnya terbuat dari baja, plastik atau beton.

Salah satu faktor penting dalam kekuatan penutup sistem septik adalah kemampuannya untuk menahan berat, karena penutup tangki septik menutupi sistem yang jauh lebih besar di bawahnya. Tidak ada kompromi untuk syarat yang satu ini.  Pemasangan  yang asal-asalan tentu akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Hal ini terutama mereka yang sekedar membeli tutup septic tank yang harganya terlalu murah. Alih-alih berhemat, mereka justru akan mengeluarkan biaya lebih besar untuk perbaikan.

Banyak pemilik hunian mengira bahwa septic tank dengan alas pompa udara untuk membantu mengeluarkan gas tangki. Memang, hal ini cukup bermanfaat. Pun kondisi ini juga dapat membuat tangki bertahan lebih lama.

Tetapi, kondisi  ini tidak akan berlangsung seumur hidup. Peran tutup clean out septic tank sangat diperlukan, terutama yang memiliki desain sesuai dengan tutup berventilasi normal.  Pertanyaan berikutnya, dimanakah pemilik  hunian dapat membuat tutup lubang avur septic tank berkualitas dan pas dengan ukuran septic tank yang ada?

Membeli dari toko bangunan

Ketersediaan tutup clean out  septic tank di toko bangunan  memang cukup memadai. Terlebih di kota-kota besar. Bahkan, ketersediaan varian bahan dan ukuran juga sangat banyak. Tentu, pengguna harus memanfaatkan kesempatan ini dalam mencari tutup yang berkualitas apik.

Bahan stainless steel sangat umum untuk tutup clean out septic tank. Pembeli juga harus membeli pipa PVC sebagai pelengkap dari tutup tersebut.   Untuk proses membuat tutup clean out septic tank, penghuni rumah dapat melakukannya sendiri atau mereka dapat menyewa jasa profesional.

Belanja secara online

Apakah membeli tutup clean out septic tank dapat dilakukan melalui toko online? Pasalnya, banyak e-commerce yang menyediakan tutup septic tank. Tetapi, biasanya penjualan ini tidak menyertakan pipa PVC. Mungkin, pembelian tutup tanpa pipa ini diperuntukkan bagi mereka yang hanya perlu mengganti tutup septic tank yang sudah rusak saja.

Keberadaan toko online yang menyediakan perlengkapan tangki septik ini tentu sangat membantu para pemilik hunian. Masalah pada tangki septik adalah masalah yang sangat krusial karena banyak mempengaruhi keseluruhan sistem pembuangan.  Keberadaan toko online dapat membuat pemilik hunian membeli tutup clean out terlebih dahulu sebelum tutup clean out yang lama diganti oleh jasa profesional.

Pembersihan septic tank dapat dilakukan secara maksimal

Jika pemilik hunian memilih tutup clean out septic tank dengan bahan berkualitas dan teknik yang pas, tentu pembersihan septic tank secara berkala tidak akan menemui kendala. Beberapa penyedia jasa sedot septic tank biasanya memilih metode pembersihan sebagian atau sepenuhnya, tergantung pada kondisi septic tank.

Dengan membuat tutup clean out septic tank melalui jasa profesional, pemilik hunian dapat melakukan pembersihan berkala, sehingga pembersihan tangki tidak perlu dilakukan hingga benar-benar kering. Cairan yang dipompa akan disaring terlebih dahulu. Nantinya, cairan yang mengandung bakteri pembersih akan  dikembalikan ke septic tank supaya pekerjaan bakteri nantinya lebih efisien.

Jika pembersihan dilakukan secara rutin, maka pemilik hunian tidak akan direpotkan dengan masalah pada sistem pembuangan.  Selain itu, mereka juga terhindar dari biaya-biaya tambahan untuk pembersihan septic tank secara menyeluruh karena masalah sumbatan.

Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *