Solusi agar septic tank tidak mudah penuh

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar septic tank tidak penuh dengan cepat. Solusi dari suatu permasalahan ada menyesuaikan dengan sebab sebab terjadinya masalah tersebut. Septic tank sebagai tempat penampungan limbah dari toilet mudah penuh sebelum waktunya juga diakibatkan oleh sebab sebab tertentu.

 

Waspadai Sebab, Agar Septic Tank Tidak Penuh Dengan Cepat

Banyak sebab yang menimbulkan septic tank mudah penuh. Untuk mewaspadai agar septic tank tidak penuh dengan cepat, kenali terlebih dahulu sebab sebabnya. Dengan begitu, kita bisa menghindari dan mengantisipasi. Berikut adalah sebab sebab yang menimbulkan masalah pada septic tank:

  1. Limbah manusia yang dibuang ke dalam toilet

Limbah manusia yang berupa benda benda padat, terutama yang berbahan plastik, sangat memberi peluang membuat septic tank mudah penuh. Hal ini disebabkan karena bahan padat atau plastik tidak dapat diuraikan oleh bakteri, sehingga limbah menumpuk dan mudah memenuhi septic tank. Selain menimbulkan septic tank mudah penuh, limbah ini juga bisa menimbulkan saluran septic tank tersumbat jika tidak disiram air hingga benar benar masuk ke dalam septic tank.

  1. Tidak adanya bakteri pengurai di dalam septic tank

Bakteri pengurai berperan penting dalam menguraikan limbah dan kotoran yang masuk ke dalam septic tank. Jika limbah sudah diuraikan, ia akan hancur dan tidak memerlukan banyak tempat. Apabila bakteri pengurai ini tidak ada di dalam septic tank, sudah bisa dipastikan bahwa semua kotoran dan limbah yang masuk akan tetap utuh dan tidak terurai. Akibatnya limbah menumpuk dan menjejali isi septic tank.

  1. Saluran air yang tidak berfungsi dengan baik

Saluran air adalah organ penting yang cara kerjanya berkolaborasi dengan septic tank, baik saluran pada air maupun sumur resapan. Apabila saluran air tidak berfungsi dengan baik, secara otomatis septic tank juga tidak bisa berfungsi dengan baik.Beberapa penyebab yang menimbulkan masalah pada saluran air antara lain kurang lancarnya air yang mengalir, limbah septic tank yang memadat sehingga menimbulkan penyumbatan pada saluran, kadar air tanah yang tinggi sehingga menimbulkan sulitnya air meresap ke dalam. Selain itu juga bisa disebabkan oleh air hujan yang terus menerus sehingga air menggenang dan kurangnya lahan resapan air.

  1. Pembangunan konstruksi septic tank yang salah

Agar septic tank tidak penuh,membangun konstruksinya harus dengan cara yang benar serta bahan material yang bagus agar berkualitas bagus dan dapat difungsikan dengan baik. Septic tank buis beton adalah jenis material yang bagus untuk digunakan. Di sini kami juga melayani jasa pembuatan septic tank buis beton. Dengan pemasangan oleh ahli yang berpengalaman serta bahan material yang bisa dijamin memiliki kualitas yang bagus. Selain itu juga mempermudah Anda dalam pemasangannya.

 

Berdasarkan masalah masalah yang telah dikaji di atas, maka kita perlu solusi untuk menangani agar septic tank tidak penuh dengan cepat. Solusi tersebut diberikan berdasarkan masing masing permasalahan yang mungkin saja terjadi pada septic tank di rumah Anda.

 

Solusi Agar Septic Tank Tidak Penuh Dengan Cepat

Berikut adalah solusi yang diberikan agar septic tank tidak penuh dalam jarak waktu pendek setelah pemasangan.

  1. Jangan membuang sampah atau limbah padat ke dalam lubang WC, terlebih jika sampah berbahan plastik. Hal ini bertujuan agar semua limbah yang masuk ke dalam septic tank dapat diuraikan. Jika terlanjur terbuang dan menumpuk, segera panggil tukang sedot WC dan bersihkan.
  2. Jika septic tank bermasalah karena tidak adanya bakteri septic tank di dalamnya, maka solusi agar septic tank tidak penuh adalah memberikan bahan organik yang berperan dalam membantu perkembangan bakteri pengurai. Secara sederhana, Anda dapat mengatasinya dengan cara menuangkan susu basi yang telah difermentasi ke dalam lubang WC. Karena susu ini akan membantu menunjang pertumbuhan bakteri pengurai.
  3. Solusi yang ketiga agar septic tank tidak penuh dengan cepat adalah dengan membuat dan melakukan perawatan pada saluran air. Jaga kebersihan saluran air, dan hindari tempat masuknya air hujan ke dalam septic tank.
  4. Membangun konstruksi septic tank dengan benar dan menggunakan bahan material yang bagus. Jika Anda ingin lebih mudah dalam pembuatan, pemesanan dengan bahan septic tank buis beton, hubungi kami karena kami siap membantu.
Posted in Tips & Trik and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *