Tips mengatasi wastafel buntu

Tips mengatasi wastafel buntu, telah terbukti berhasil

Baik disini kami akan sedikit berbagi tips atau cara menangani wastafel Anda yang buntu atau mampet walaupun banyak yang menjadi sebab kenapa wastafel Kita jadi buntu. Pada dasarnya, wastafel merupakan perabot multifungsi yang ada di rumah Anda. wastafel kerap dijadikan tempat untuk mencuci tangan, membasuh wajah, hingga gosok gigi. Meski sebagian besar ditempatkan di dalam kamar mandi, beberapa orang juga meletakkan wastafel di dekat dapur dan meja makan. Sampai saat ini ada banyak bentuk dan ukuran wastafel yang bisa Anda jumpai. Tentu saja, masing-masing jenis wastafel memiliki ukuran dan kegunaannya tersendiri.

Tips mengatasi wastafel buntu

Tips mengatasi wastafel buntu

Berikut jenis – jenis wastafel beserta tempat penempatannya :
  1. Wastafel gantung

Penggunaan wastafel gantung ini sangat pas pada ruang kamar mandi yang cukup minimalis. Ukuran wastafel dengan variasi lebar kurang lebih 25 – 48 cm dan panjang sekitar 45 – 72 cm ini menghemat banyak ruang di kamar mandi Anda. Dengan model yang simpel, ruangan pun terlihat lebih luas. Biasanya jenis  hadir dengan warna putih karena dapat digunakan untuk beragam gaya interior rumah, terutama yang berukuran mungil.

  1. Wastafel mangkuk

Karena berbentuk cembung, wastafel ini dinamakan dengan wastafel mangkuk. Ukuran wastafel mangkuk sendiri berada di kisaran lebar 42,5 cm dan dengan tinggi 17cm. Ukurannya yang terbilang cukup lebar, membuat jenis wastafel ini hanya cocok ditempatkan pada kamar mandi atau ruang yang lapang. Menariknya, permukaan cembung wastafel mangkuk ini memungkinkan Anda menyimpan banyak air di wastafelini dapat Anda manfaatkan untuk mencuci muka atau merendam muka.

  1. Pedestal wastafel

Pedestal wastafel memiliki penyangga satu kaki di bagian bawahnya. Kesan vintage jelas akan ditonjolkan melalui penggunaan jenis wastafel yang satu ini. Tenang saja, meski hanya ditopang dengan satu kaki, kekuatan pedestal wastafel tidak lagi perlu diragukan. Kaki penopang ini juga tidak sekadar untuk pemanis, tetapi juga mampu menyembunyikan saluran pipa air dengan rapi. Ukuran tinggi wastafel dengan penyangga ini sekitar 80 – 85 cm.

  1. Wastafel sudut

Satu lagi jenis wastafel yang juga banyak digunakan untuk pemilik rumah minimalis, yaitu jenis wastafel sudut. Persis seperti namanya, wastafel berbentuk seperempat lingkaran ini biasanya diletakkan di sudut kamar mandi. Ukuran wastafel yang mungil tidak akan memakan banyak tempat di dalam ruang kamar mandi Anda. Namun demikian, sebagai pengguna Anda juga tidak bisa meletakkan banyak barang karena keterbatasan area wastafel.

Trus bagaimana jika wastafel kita tiba – tiba salurannya ada yang menyumbat.
Jika saluran pembuangan air wastafel Anda mampet, jangan terburu membongkar sambungannya. Panduan dalam artikel ini mungkin bisa membantu Anda mengatasinya. Dan perlu di ketahui bahwa tips ini berbeda dengan langkah Cara Mengatasi WC Buntu.

Berikut adalah salah satu langkah yang mungkin bisa Anda Coba:

Jika kemungkinan wastafel Anda tersumbat bahan atau benda di dalam salurannya. Sebelum memanggil tukang pipa untuk membongkar saluran, cobalah produk penghancur sumbatan pada wastafel mampet yang dijual umum. Sebelum menggunakannya, baca dan ikuti petunjuk pemakaian pada kemasannya serta lakukan langkah-langkah keselamatan, seperti mengenakan sarung tangan karet dan masker penutup hidung dan mulut.
Coba saja Anda memasak air kira-kira 3 samapai 4 liter masak atau rebus sampai mendidih, setelahnya coba tuangkan air mendidih ke dalam saluran pipa wastafel Anda. jika saluran pipa wastafel dirumah Anda terbuat dari bahan logam mengunakan air mendidih sangat kami sarankan, tetapi jika wastafel di rumah Anda mengunakan pipa saluran PVC kami sarankan untuk menggunakan air hangat saja karena Suhu tinggi akan sangat berisiko merusak pipa plastik PVC.

  1. Didihkan satu panci air, lalu secara perlahan tuangkan langsung ke saluran yang tersumbat. Hati-hati melakukan langkah ini karena Anda berurusan dengan air panas.
  2. Ulangi beberapa kali hingga sumber penyumbatnya larut. Metode ini sering kali cukup ampuh untuk menangani sumbatan membandel, misalnya karena tumpukan lemak padat, rambut, dan endapan sabun.
  3. Cobalah lepas pipa pada ujung bawah yang terhubung dengan saluran Got lalu pastikan kotoran dibersihkan sehingga lemaknya hilang, Anda bisa lakukan ini dengan cara manual.

Kenapa kok memakai air mendidih sebagai medianya?, Ini penjelasanya. Wastafel dilihat dari fungsinya yang paling banyak yaitu untuk mencuci piring bekas makanan atau mencuci daging ayam, sapi yang dimana daging tersebut banyak kandungan lemaknya, nah dari berbagai lemak itulah yang biasanya akan mengakibatkan saluran wastafel Kita menjadi tersumbat, sedangkan sifat lemak sendiri kalau di siram dengan air mendidih maka akan mencair, Seperti itulah kalau di lihat secara logika.

Baiklah sampai disini artikel tentang Cara/ Tips Mengatasi Wastafel buntu yang menurut pengalaman Kami di lapangan dan juga Saya kumpulkan dari berbagai sumber.
Terima kasih Salam sejahtera dan Selamat beraktifitas.

Posted in Tips & Trik and tagged , , .

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *